Ini beberapa hal yang membatalkan puasa di bulan suci ramadhan

Jadiberkah.com | Ini Beberapa Hal Yang Membatalkan Puasa Ramadhan
Di bulan suci ini, setiap muslim diwajibkan untuk berpuasa. Namun demikian, perlu diketahui bahwa ada beberapa hal yang membatalkan puasa Ramadhan. Tentu saja setiap muslim wajib mengetahui daftar hal tersebut sehingga bisa menghindarinya saat berpuasa. Lalu, apa saja perkara yang bisa membatalkan puasa ini? Berikut penjelasannya.

Makan dan Minum Dengan Sengaja
Seperti yang sudah Anda ketahui terkait pengertian puasa yakni menahan lapar dan haus maka sudah jelas sekali apabila Anda melakukan kegiatan makan ataupun minum dalam keadaan sengaja atau sedang sadar maka hal itu akan membatalkan puasa. Lalu apa yang terjadi jika itu dilakukan dengan tidak sengaja atau lupa? Maka hal itu dimaafkan dan Anda tetap boleh melanjutkan puasa.
Biasanya, hal ini sering terjadi di hari pertama atau kedua puasa Ramadhan. Karena masih beradaptasi, banyak mereka yang lupa atau tidak sengaja minum atau bahkan memakan sesuatu. Hal ini memang tidak masalah selama masih lupa. Namun, jika di tengah makan tiba-tiba Anda ingat, maka aktivitas tersebut harus segera dihentikan.

Baca Lainya:  Kisah Sholat Jumat Di Masjidil Haram

Haid atau Nifas

Perempuan akan mengalami haid setiap bulannya dan tidak dapat dipungkiri juga bahwa dalam satu bulan puasa Ramadhan perempuan tidak akan bisa penuh melaksanakannya. Demikian juga dengan wanita yang melahirkan, ia akan mengalami masa-masa nifas. Ketika perempuan mengalami hal tersebut di tengah puasa maka puasanya batal dan diharuskan mengganti puasa di hari lain.
Lalu bagaimana dengan shalat? Jika shalat tidak usah diqadha (diganti) hanya puasa saja yang diganti sesuai dengan hari yang ditinggalkan. Darah yang keluar yakni merupakan darah kotor sehingga menyebabkan batalnya puasa.

Berhubungan badan

Ketika bulan Ramadhan diharuskan bagi sepasang suami istri untuk menahan hawa nafsunya agar tidak melakukan hubungan badan karena itu akan membatalkan puasa. Lalu, apabila Anda melakukan hubungan badan dengan pasangan Anda maka Anda harus membayar kifarat atau denda. Tentu saja ini akan jauh lebih memberatkan sehingga perlu di hindari.

Baca Lainya:  Hal yang membatalkan puasa yang harus anda tahu

Berenang

Hal yang membatalkan puasa Ramadhan selanjutnya adalah berenang. Renang merupakan salah satu jenis olahraga yang dilakukan di dalam air dan sangat disukai banyak orang dari anak-anak hingga orang dewasa. Akan tetapi,

bulan Ramadhan Anda diharuskan tidak berenang karena dikhawatirkan air akan masuk ke mulut lalu tertelan dan tentu saja akan menyebabkan batalnya puasa.
Namun apabila Anda ingin sekali berenang, maka Anda dan anak-anak Anda bisa menunggu sampai masuk waktu berbuka dan setelah itu diperbolehkan. Meski begitu, usahakan tidak terlalu lama berenang mengingat di bulan Ramadhan waktu tidak berpuasa hanya setelah matahari terbenam hingga terbit kembali.

Gila Atau Hilang Akal

Ketika Anda sedang berjalan-jalan di bulan Ramadhan dan tidak sengaja bertemu dengan orang gila yang sedang makan di siang bolong maka Anda jangan heran. Hal ini karena orang gila atau orang yang telah kehilangan akal tidak akan bisa melakukan puasa. Bahkan, ia pun tidak diwajibkan. Seseorang yang tiba-tiba gila saat berpuasa, maka puasanya pun akan batal.
Merokok
Hal ini khusus untuk kaum pria yang gemar merokok. Mengapa merokok dapat dikatakan membatalkan puasa? Sebab walaupun Anda tidak memakannya ataupun meminumnya tetapi Anda memasukkan sesuatu ke dalam mulut dan itu tentu saja membatalkan puasa.
Alangkah baiknya jika Anda menahannya terlebih dahulu selama satu bulan Ramadhan daripada puasa Anda sia-sia. Jika tidak bisa, maka merokok bisa dilakukan malam hari saat sudah waktunya berbuka.

Baca Lainya:  Qunut nazilah latin dan artinya penangkal segala bentuk musibah

Murtad

Hal yang membatalkan puasa Ramadhan yang terakhir yakni murtad. Murtad artinya keluar dari agama Islam. Puasa merupakan ibadah wajib yang harus dilaksanakan oleh tiap muslim, lalu jika seseorang memutuskan untuk keluar dari Islam maka jelas puasanya akan batal.

Semoga bermanfaat dan membawa keberkahan untuk kita semua,amin
Penulis: setiamah

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.