Hikmah puasa ramadhan bagi umat muslim

Jadiberkah.com | Hikmah Puasa Ramadhan bagi Umat Muslim.
Bulan suci ramadhan selalu menjadi bulan yang di tunggu-tunggu oleh umat islam di seluruh dunia.Dimana di bulan Ramadhan ini, kita bisa saling berbagi, berbuat kebaikan, dan memperbanyak amalan ibadah. Pasalnya bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah.

Lalu apa saja Hikmah puasa ramadhan?
Di bulan ramadhan ini, kita sebagai umat muslim diwaibkan untuk berpuasa yaitu dengan menahan lapar, haus dan juga nafsu lainya dari waktu imsak tiba hingga maghrib berkumandang. Namun selain untuk menjalankan ibadah, ternyata puasa ramadhan akan mendatangkan hikmah bagi yang menjalankanya dengan benar. Berikut adalah beberapa hikmah melaksanakan puasa.

Berlatih Untuk Lebih Tabah

Seperti yang kita ketahui, bulan ramadhan merupakan momen dimana kita wajib menahan diri dari rasa lapar dan haus hingga waktu berbuka puasa tiba. Namun, bukan hanya menahan lapar dan haus saja, dibulan suci ini kita juga dianjurkan untuk bisa mengendalikan emosi. Misalnya saja menahan rasa marah dan berbruk sangka.
Jadi, secara tidak langsung kegiatan berpuasa inipun juga akan melatih kita untuk menjadi seseorang yang lebih sabar. Sebagi contoh yaitu apabila diluar sana kita mendengar ada orang yang menggunjing, memfitnah dan lainya, maka kita perlu sabar menghadapi. Mengapa? Karena kita ingat kondisinya sedang berpuasa.

Baca Lainya:  Amalan yang dianjurkan selama bulan Ramadhan

Mencapai Derajat Takwa

Hikmah puasa Ramadhan berikutnya yang dapat kita petik apabila menjalankanya dengan sungguh-sungguh dan baik yaitu sebagai bentuk takwa kepada Allah SWT. Hal tersebut pun terkandung pada QS. Al Baqarah ayat 183 tentang perintah berpuasa.
Seperti yang kita ketahui, seseorang dapat dikatakan bertakwa apabila Ia dapat menjalankan semua perintah Allah SWT serta menjauhi laranganya. Jadi, puasa merupakan merupakan waktu yang tepat dimana kita dapat meningkatkan takwa kepada Allah SWT. Bentuk dari sikap takwa ini salah satunya dengan menahan sesuatu sifatnya memberikan kesenangan duniawi.
Meninggalkan kesenagan duniawi ini pada dasarnya wajib dilakukan saat berpuasa dengan tujuan agar manusia dapat menahan hawa nafsunya. Adapun bentuk dari menahan nafsu ini diantaranya dengan dilarangnya makan, minum, melakukan hubungan seksual dengan pasangan dan juga bentuk larangan lainya.

Baca Lainya:  Bolehkah sahur setelah adzan subuh berkumandang

Turut Merasakan Penderitaan Orang yang Kurang Beruntung

Tak bisa dipungkiri, kehidupan yang terjadi di sekitar kita sangat bervariasi. Misalnya ada orang beruntung ada dan juga ada orang yang kurang beruntung. Bagi Anda yang hidup dengan keadaan yang berkecukupan, maka seringkali tak memahami bagiamana penderitaan mereka yang kurang beruntung. Contohnya seperti orang yang kesulitan makan karena keadaan ekonomi.
Nah, di bulan Ramadhan ini kita akan turut merasakan penderitaan orang yang kurang beruntung. Bagimana dalam berpuasa ini kita akan menahan rasa lapar, haus dan nafsu serupa lainya. Dengan kondisi berpuasa ini, akan membuat kita menyadari bagaimana kondisi mereka yang hidup berkekurangan.
Jadi, hikmah dari puasa yang kita jalankan ini salah satunya yaitu akan meningkatkan rasa simpati dan empati kepada saudara-saudara yag kurang beruntung. Di lain sisi kita pun juga akan belajar untuk lebih bersyukur lagi.

Baca Lainya:  Dasar hukum puasa ramadhan dalam alquran dan hadits

Melatih Disiplin Waktu

Hikmah puasa ramadhan berikutnya yang akan kita rasakan yaitu dapat melatih disiplin waktu yang terorganisir dengan baik. Pasalnya saat puasa kita dilarang untuk makan dan minum. Sehingga secara sadar akan mengatur jadwal yang dilakukan agar kondisi badan tetap fit saat berpuasa tersebut.
Misalnya degan mengatur waktu kapan berstirahat dan kapan waktu untuk tidur agar nantinya tidak telat saat sahur. Demikian juga kapan waktu untuk memasak, bekerja dan sebagainya.

Semoga bermanfaat dan membawa keberkahan untuk kita semua,amin
Penulis: Setiamah

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.