Skip to Content

Cara Menganalisa sensor mobil Timor DOHC masih berfungsi baik atau tidak

Cara Menganalisa sensor mobil Timor DOHC masih berfungsi baik atau tidak

Closed
by Maret 25, 2018 otomotif

Jadiberkah.com | Bagi pengguna mobil timor khususnya DOHC,yang masih kurang begitu paham tentang sensor sensor memang sering dibuat pusing tujuh keliling karena akselerasi mesin kurang baik karena ketidak pahaman si pemilik dengan kondisi mobilnya sendiri.

Pemilik harus sadar betul kalo mobil timor sekarang sudah tidak muda lagi dan sudah terbilang berumur apalagi pemilik mobil mendapatkan secara second atau mobil bekas yang tidak tau historinya perawatan oleh pihak pertama,jadi sangatlah wajar mobil tersebut banyak masalah terutama pada bagian sensor sensor atau electrical butuh peremajaan.

Yuk langsung aja simak bagaimana cara kerja sensor sensor yang ada pada mobil timor DOHC.

Cara mudah menganalisa msih berfungsi normal atau tidaknya sensor2 pada engine timor DOHC.

Baca Lainya:  Cek kendaran sebelum mudik

1.SENSOR ISC

IDLE SPEED CONTROL. Cara analisa: pada saat mesin nyala ketika soket isc di cabut mesin harus mati, karna normalnya asupan udara yg masuk ke intake manifold ketika idle/lansam hnya berasal dri isc. Kalo soket isc di cabut masih hidup brarti ada asupan udara selain dari isc. Efeknya biasanya rpm ga stabil atau bahkan mati ketika ada beban tambahan seperti ac, ps, lampu,analisa lain nya pada saat mesin dingin fungsi choke tdk bekerja.

2.SENSOR TPS

THROTLE POSITION SENSOR. TPS mulai bekerja ketika tuas gas mulai di buka, makanya putaran nya mengikuti irama gas, tps berfungsi mengirimkan sinyal ke ECU agar ECU dapat mengkalkulasikan data seberapa besar bbm yg harus di kirim ke ruang bakar mengikuti irama gas. Cara analisa sensor ini : cabut soket TPS lalu gas2 mobil sampe rpm Mentok di limiter, normalnya ketika soket tps di cabut rpm ga bisa Mentok di batas limiter(rpm 7000).atau ketika digas mesin harus ngempos karna Ecu tdk menerima sinyal dri tps. Nah kalo mobil di cabut soket tps di gas msih nyaman2 aja brarti ada eror dlm sistem kelistrikan, karna ada tegangan lain yg mengirim sinyal ke ecu. Dampaknya irama kerja injektor tdk teratur, efeknya tdk efisiensi nya bahan bakar.

Baca Lainya:  Mobil mogok starter ga kuat jangan panik sepeda motor bisa dijadikan solusi sementara accu soak dan alternator ga ngisi

3.MAP SENSOR

manifold absolute pressure. Pembaca ke vacuman intake manifold. Cara analisa: cabut soketnya, lalu nyalakan mesin, normalnya mesin ga mau nyala. Klo msih mau nyala brarti sistem kerja map tdk normal. Ada tegangan sinyal lain yg mengirim ke ecu

Sumber referensi oleh:Nandang just kiding

Semoga bermanfaat dan tetap utamakan dalam berkendara

Baca Lainya:  Mengatasi permasalahan karburator timor SOHC
Previous
Next

DEMI KENYAMANAN BERSAMA TETAP MENJAGA KESANTUNAN DALAM BERKOMUNIKASI,Trims