Contoh Promosi Diri Fresh Graduate SMK untuk Lamaran Kerja

Jadiberkah.com – Semua orang tentu ingin mendapat pekerjaan yang menjanjikan,  maka dari itu Anda harus tahu contoh promosi diri fresh graduate SMK. Promosi diri yang tepat, jelas, singkat, dan berisi akan dilirik oleh HRD (Human Resource Development). 

Meskipun Anda fresh graduate, tetapi tetap bisa membuat kalimat promosi diri yang keren berdasarkan pengalaman selama sekolah. Di samping itu, pengalaman Anda selama PKL atau magang juga bisa dibuat menjadi kalimat promosi diri.

Kalimat promosi diri tidak membutuhkan tulisan yang panjang karena 300 karakter saja sudah cukup. Mungkin Anda akan merasa bingung membuatnya karena sudah terbiasa menulis surat lamaran yang panjang. 

Cara Membuat Kalimat Promosi Diri untuk Fresh Graduate SMK

Lulusan SMK atau SMA tentu tidak sama dengan lulusan sarjana. Tidak hanya ilmu saja yang menjadi pembeda, tingkat pengalamannya juga bisa menjadi acuan utama perusahaan saat ingin merekrut karyawan.

Baca Lainya:  Umpan mancing ikan wader

Namun bila Anda hanya lulusan SMK, jangan patah semangat. Karena bagaimanapun juga rejeki setiap orang berbeda-beda. Bisa jadi meski Anda hanya lulusan SMK bisa mendapatkan tempat kerja yang tidak kalah hebat dengan lulusan sarjana bukan?

Sebagai anak SMK tentu Anda punya keahlian khusus yang dapat dijadikan promosi diri yang membanggakan. Adapun cara membuatnya yang benar seperti berikut : 

Tulis dengan Bahasa Indonesia yang Baik 

Contoh promosi diri fresh graduate SMK yang pertama adalah menulis surat lamaran dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Perhatikan juga masalah penulisannya seperti huruf besar dan kecil serta tanda baca seperti titik dan koma. Paling tidak tata cara menulis dengan baik dan benar yang ada di PUEBI bisa Anda lakukan dengan baik.

 

Melamar Harus Sesuai dengan Kemampuan 

Informasi lowongan pekerjaan tentu akan membuat informasi yang detail mengenai karyawan yang dibutuhkannya. Oleh karena itu, Anda harus melamar sesuai dengan keahlian yang dimiliki agar bisa terpilih menjadi karyawan. 

 

Baca Lainya:  Arti Mimpi Dikejar Sesuatu

Menghindari Hal-Hal Generik 

Anda juga jangan menulis kalimat-kalimat penutup dalam promosi yang sudah banyak ditulis orang, seperti “Besar harapan saya untuk diterima”, atau “Saya akan bekerja keras untuk kemajuan perusahaan.”

Kalimat-kalimat tersebut tidak menarik bagi HRD karena telah umum digunakan sampai sekarang. Jadi Anda harus membuat yang lebih menarik lagi. 

 

Contoh Promosi Diri untuk SMK 

Contoh kalimat promosi diri yakni “Saya seorang fresh graduate SMK Jurusan Pemasaran. Saya punya pengalaman magang Divisi Marketing di perusahaan xxx selama 3 bulan. Saya juga menguasai public speaking dan teknik closing sehingga dapat mempromosikan produk sesuai target market dengan baik. Selain itu, saya bisa bekerja dengan team atau individu. 

Untuk membuat kalimat promosi diri memang ada ilmunya agar dapat menarik HRD untuk memanggil Anda. Sebab itulah, Anda harus melihat contoh promosi diri fresh graduate SMK. Semoga ulasannya menarik dan bermanfaat yah!

Baca Lainya:  Siapa sosok gus muwafiq

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.