Bagaimana Cara Mempromosikan Diri Sendiri Untuk Melamar Kerja

Jadiberkah.com – Tidak bisa dipungkiri saingan dalam melamar pekerjaan tentu akan banyak maka Anda harus mengetahui bagaimana cara mempromosikan diri sendiri. Dengan begitu, Anda punya kesempatan besar sebagai kandidat yang akan diterima.

Namun Anda harus mempromosikan diri dengan cara yang baik sehingga tidak terkesan sombong dan narsis. Anda harus meniru seorang marketer yang menjual produk. Namun di sini, Anda menjual kemampuan dan keahlian diri sendiri

Bagaimana Cara Mempromosikan Diri Sendiri Agar Diterima Kerja

Saingan Anda memang banyak, baik yang pengalamannya di bawah, setara, atau di atas Anda. Untuk mendapatkan perhatian saat interview maka Anda harus lakukan tips berikut agar bisa lolos dari para pesaing : 

Berpenampilan Rapi dan Sopan

Penampilan dalam berpakaian serta tatanan rambut merupakan cerminan dari kepribadian diri. Oleh karena itu, gunakanlah baju yang sopan layaknya orang yang sedang melamar kerja.

Misalnya, untuk pria memakai kemeja cerah tangan panjang dengan celana kain warna hitam. Untuk wanita menggunakan blazer hitam dengan dalaman warna cerah serta lengan panjang dan rok atau celana panjang hitam. 

Dengan memperhatikan penampilan dan berkelakuan baik, akan membuat kesan yang baik juga pada recruiter perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan. First impression untuk seorang HRD adalah hal utama yang wajib diketahui bagi seorang pelamar pekerjaan.

Baca Lainya:  Indra Sjafri Hadir untuk Indonesia juara

 

Ramah dan Bersemangat 

Anda pun harus menunjukan wajah yang ramah dan bersemangat. Dengan begitu, recruiter merasa senang dengan kepribadian Anda sehingga mampu mencuri perhatiannya. 

Berikan jawaban yang baik dan berikan senyuman untuk setiap pertanyaan yang diberikan oleh HRD. Jangan sampai terlihat bingung dan kikuk, karena bisa mengurangi nilai Anda dihadapan HRD.

 

Punya Personal Branding

Bagaimana cara mempromosikan diri sendiri berikutnya yaitu menunjukan personal branding. Personal branding adalah citra diri yang harus Anda tunjukan saat interview agar bisa lulus menjadi karyawan. Menunjukan personal branding sangat penting karena akan mendukung kelancaran kerja dan karir Anda.

Contoh personal branding Anda sebagai marketer andal, sebagai IT, sebagai akuntan, sebagai manager, dan lain-lain. Yakinkan HRD bahwa Anda bisa bekerja sesuai dengan keahlian dan kemampuan yang Anda miliki.

 

Baca Lainya:  8 Cara Melamar Kerja di Bank Mudah dan Sukses

Menceritakan Pengalaman Kerja 

Punya pengalaman kerja memang sangat mendukung untuk dapat diterima sebagai karyawan baru. Apalagi jika pengalaman kerja tersebut sangat berkaitan dengan profesi yang akan Anda isi.

Jelaskan dengan terperinci jenis pekerjaan yang pernah Anda lakukan. Berikan kesan yang baik agar HRD bisa memberikan nilai lebih pada Anda.

 

Tunjukan Anda Sebagai Kandidat yang Dicari  

Anda juga harus mampu menunjukan sebagai calon karyawan yang mereka cari. Hal ini dapat Anda perlihatkan dari pengalaman kerja, personal branding, dan skill yang dimiliki. 

Banyaknya saingan pelamar kerja bukan suatu masalah besar karena masalah sesungguhnya ada pada diri Anda untuk bisa mengalahkan mereka. Oleh karena itu, Anda harus paham bagaimana cara mempromosikan diri sendiri pada perusahan. 

Baca Lainya:  Sukses budidaya ikan lele yang perlu anda ketahui

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.