Yuk Ketahui Lampiran Apa Saja Untuk Melamar Kerja!

Jadiberkah.com – Sebentar lagi akan diumumkan kelulusan anak sekolah mulai dari tingkat dasar hingga menengah atas. Tentunya sebagian dari mereka akan mempersiapkan lampiran apa saja untuk melamar kerja. Hal tersebut dilakukan karena tak semua keluarga mampu membiayai sekolah anaknya terutama ke perguruan tinggi.

Disamping butuh biaya yang diperlukan cukup besar, juga disebabkan oleh kondisi pandemi saat ini yang membuat ekonomi masih lemah. Sehingga bekerja setelah lulus sekolah menjadi pilihan banyak anak-anak lulusan sekolah menengah atas.

Melamar pekerjaan saat ini tak sebanyak saat sebelum pandemi sehingga persaingan cukup ketat dan diperlukan cara yang tepat. Bukan hanya untuk lulusan SMA atau SMK saja, lulusan sarjana pun juga merasakan ketatnya persaingan yang harus dilalui.

Sehingga Anda perlu memberikan surat lamaran yang lengkap dengan lampiran yang dibutuhkan. Agar lamaran Anda tak sekedar lewat di meja HRD dan berakhir di tong sampah. Tentu hal tersebut bisa membuat Anda down bukan? Oleh sebab itu, yuk cari tahu lampiran apa saja yang harus disiapkan. Seperti ulasan di bawah ini!

Lampiran Apa Saja Untuk Melamar Kerja, Ini Yang Terpenting

Saat Anda memutuskan untuk mencoba melamar pada sebuah perusahaan, tentunya ada beberapa hal yang harus disiapkan. Yakni surat dan lampiran lamaran pekerjaan. 

Hal tersebut dilakukan karena sudah menjadi salah satu syarat wajib yang diberikan oleh pemilik perusahaan untuk calon pekerjanya. Apabila pada proses selanjutnya Anda lolos tahap satu ini, maka akan dilanjutkan pada tahap selanjutnya yaitu tahap wawancara. 

Namun sebelum beranjak pada persiapan yang lebih jauh lagi, maka ada baiknya Anda mempersiapkan lampiran apa saja untuk melamar kerja. Apalagi jika ini merupakan kali pertama Anda melamar ke sebuah pekerjaan.

Adapun persiapan yang harus Anda lakukan diantaranya adalah :

  1. Surat pengantar atau semacam perkenalan diri serta alasan kenapa Anda melamar posisi pekerjaan tersebut. Anda dapat menulis tangan langsung atau pun menggunakan komputer agar lebih rapi.
  2. Melampirkan daftar riwayat hidup atau Curriculum Vitae. Agar perusahaan mengetahui latar belakang pendidikan, usia, alamat rumah. Tidak ketinggalan juga jangan sampai lupa untuk mencantumkan daftar pekerjaan atau pengalaman kerja yang pernah Anda tekuni.
  3. Bukti pengalaman kerja sebelumnya berupa fotocopy paklaring dari perusahaan lama, jika ada.
  4. Melampirkan fotocopy sertifikat yang berkaitan dengan pendidikan dan pekerjaan tersebut.
  5. Fotocopy sertifikat kegiatan apa saja yang sudah Anda dapatkan juga jangan sampai dilampirkan.
  6. Foto copy ijazah sekolah terakhir.
  7. Foto copy KTP yang masih berlaku.
  8. Pas Foto diri ukuran 3×4 sebanyak 2 buah.

Lampiran apa saja untuk melamar kerja telah disebutkan diatas, Anda hanya tinggal melengkapinya. Beberapa lampiran bahkan bisa dengan mudah ditemukan di laman internet, jika Anda masih merasa bingung. Anda bisa mulai mempersiapkan semua itu, agar dapat langsung mengirimkan saat muncul lowongan pekerjaan.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.