Trik Mengerjakan Contoh Tes Psikotes Gambar

Jadiberkah.com – Tes psikotes adalah salah satu tes yang harus dijalani ketika melamar kerja. Salah satu isi dari tes psikotes tersebut adalah tes gambar yang menjebak. Berikut adalah contoh tes psikotes gambar dan cara jawabnya agar gampang dalam pengerjaannya.

Contoh Tes Psikotes Gambar

Contoh tes psikotes gambar ini merupakan tes penalaran yang memakai deret gambar, jadi mengerjakannya secara logika. Biasanya memakai gambar yang berderet baik dua atau tiga dimensi. Anda harus fokus agar tidak terjebak dengan soal yang digunakan.

Sedikit saran dan masukan, sebaiknya kerjakan keseluruhan tes yang ada dengan penuh konsentrasi. Meski terlihat mudah, nyatanya masih banyak orang yang gagal dan menemukan kesulitan saat mengerjakan beberapa tes. Oleh sebab itu, daripada menjadi penyesalan nantinya akan lebih baik bila Anda mempelajari beberapa contoh tes psikotes di bawah ini.

Baca Lainya:  Sebelum anda daftar asuransi kesehatan Sebaiknya anda harus tahu visi misi BCA live

Adapun beberapa contoh tes psikotes yang umum digunakan oleh perusahaan saat akan menyeleksi calon pekerja, diantaranya adalah :

  • Tes Psikotes Gambar Dengan Gambar Dua Dimensi

Yang pertama biasa menggunakan gambar dua dimensi. Misalnya saja pola gambar yang pertama adalah segitiga kemudian menjadi trapesium. Kemudian pada pola gambar selanjutnya terdapat trapesium, gambar apakah selanjutnya? Jawabannya adalah segitiga, karena kebalikan dari pola gambar yang pertama.

  • Tes Psikotes Gambar Dengan Gambar Tiga Dimensi

Selanjutnya adalah tes psikotes gambar dengan memakai gambar tiga dimensi. Misalnya saja dengan pola gambar lingkaran oval seperti tabung lalu menjadi lingkaran. Kemudian gambar selanjutnya adalah kubus, bagaimanakah gambar selanjutnya? 

Maka jawabannya adalah persegi, karena sesuai dengan gambar sebelumnya. Yang mana jawaban berikutnya merupakan pola yang diambil bagian atasnya yaitu atas dari tabung adalah lingkaran. Jadi bagian atas dari gambar kubus adalah persegi.

  • Tes Psikotes Menggambar Orang Atau Manusia

Tes menggambar selanjutnya adalah menggambar orang atau manusia. Hasil gambar menentukan kepribadian Anda. Sebaiknya gambar sesuai jenis kelamin Anda, gambar dengan proporsional saja. Jangan fokus pada wajah, karena itu menggambar kepribadian Anda yang tidak percaya diri. 

Gambar bagian tubuh dengan lengkap, terutama bagian jari-jarinya. Jika menggambar orang dengan profesi tertentu, maka gambar alat yang menggambarkan ciri khas pekerjaan tersebut. Gambar dengan detail, yang akan mencerminkan kepribadian orang yang teliti. 

Bagaimana, apakah Anda sudah paham dengan ulasan di atas? Terlihat mudah bukan, tapi jangan sampai keliru. Meski mudah tetap harus konsentrasi dan fokus pada lembaran-lembaran tes psikotes yang ada di depan Anda.

Baca Lainya:  Tips Bagaimana Cara Melamar Kerja di Jobstreet

Demikian tadi penjelasan mengenai contoh tes psikotes gambar yang sering dipakai sebagai tes psikotes sebelum masuk kerja. Lakukanlah persiapan dengan cara belajar dan memahami jenis maupun contoh soalnya dari sekarang. Agar saat dilakukan tes psikotes, Anda sudah mendapat gambaran yang jelas dalam mengerjakannya. Semoga penjelasannya membatu ya. 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.