Rupanya Begini Prosedur Pertimbangan Pengangkatan Karyawan Tetap

Jadiberkah.com – Menjadi karyawan tetap memang tidak mudah, sehingga banyak yang menginginkan posisi tersebut. Terlebih mengingat banyak perusahaan yang menggunakan sistem kontrak. Akibatnya banyak karyawan yang gelisah menjelang akhir masa kontrak. Lantas seperti apa prosedur pertimbangan pengangkatan karyawan tetap?

Karyawan kontrak biasanya hanya dikontrak setiap tahun dengan beberapa perjanjian yang telah disepakati sebelumnya. Namun sebagai apresiasi terhadap kinerja karyawan kontrak, perusahaan bisa saja mengangkatnya sebagai karyawan tetap. Lengkap dengan semua kelebihan yang dimiliki oleh pegawai tetap dalam perusahaan tersebut.

Prosedur Pertimbangan Pengangkatan Karyawan Tetap, Cek Tipsnya

Jangan berputus asa dulu jika status Anda saat ini adalah karyawan kontrak. Pasalnya perusahaan akan tetap memperhatikan kinerja Anda selama bekerja. Jika dinilai loyal dan penuh potensi, Anda bisa saja masuk dalam prosedur pertimbangan pengangkatan karyawan tetap. Begini tips agar segera diangkat menjadi pegawai tetap.

Taati Peraturan

Semua perusahaan memiliki peraturan sendiri yang harus dipatuhi oleh setiap orang yang bekerja di sana. Aturan tersebut bisa berupa aturan tertulis atau aturan tidak tertulis. Aturan yang tertulis, dapat ditemukan pada surat perjanjian kerja. Ada pula tertera pada dinding-dinding kantor. Sedang peraturan tidak tertulis merupakan kebiasaan yang telah lama ada semenjak perusahaan berdiri.

Jika ingin diangkat sebagai karyawan tetap, Anda sebaiknya mematuhi semua peraturan yang telah ditetapkan. Tim personalia biasanya selalu memperhatikan karyawan yang menaati peraturan. Rekan kerja maupun senior juga akan merasa respect serta menyukai sikap Anda. Rekomendasi menjadi karyawan tetap pun dapat dikantongi dengan mudah.

Jujur dan Dapat Dipercaya

Kejujuran merupakan mata uang yang selalu dihargai dimana pun Anda berada. Begitu juga ketika bekerja dalam perusahaan. Baik sebagai seorang karyawan tetap atau hanya karyawan kontrak, Anda tetap harus bersikap jujur setiap saat. Kinerja Anda juga akan dihargai bila mampu jujur dalam segala kondisi yang tepat.

Bermula dari kejujuran tersebut, kesempatan untuk menjadi pegawai tetap menjadi lebih besar. Pasalnya Anda akan dipercaya untuk memegang peranan penting dalam perusahaan. Sikap jujur tersebut bisa ditunjukkan berupa perbuatan maupun ucapan. Terus pertahankan kejujuran tersebut agar dapat meraih sukses.

Rajin dan Cerdas

Melakukan pekerjaan yang sama tiap hari memang dapat menimbulkan rasa jenuh. Namun ini bukan alasan untuk bersikap bermalas-malasan. Bila rasa jenuh membuat Anda malas bekerja, maka harapan menjadi karyawan tetap pun akan sulit diraih. Sebaliknya, rajin bekerja tiap hari juga meningkatkan peluang untuk mendapatkan keinginan Anda.

Selain bersikap rajin, orang yang cerdas juga memiliki peluang yang besar untuk dipertimbangkan menjadi karyawan tetap. Cerdas dalam menghadapi berbagai tantangan dalam pekerjaan, membuktikan Anda adalah orang yang tepat dalam perusahaan. Posisi karyawan tetap pun dapat diraih dengan cepat.

Demikian hal yang sering menjadi bagian dalam prosedur pertimbangan pengangkatan karyawan tetap. Para atasan biasanya mempertimbangkan hal-hal di atas sebelum mengambil keputusan untuk mengangkat karyawan kontrak menjadi karyawan tetap.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.