Rupanya Begini Cara Menggambar Orang Psikotes TNI

Jadiberkah.com – Para remaja yang baru lulus SMA, tentu banyak yang menginginkan bekerja sebagai seorang TNI. Selain terlihat gagah, anggota TNI juga nampak berwibawa. Hanya saja, untuk menjalani pendidikan sebagai TNI, harus mengikuti seleksi dulu. Salah satunya adalah dengan psikotes gambar. Lalu bagaimana cara menggambar orang psikotes TNI?

Selain menggambar orang, ada seleksi lain yang juga harus dipenuhi oleh para anak muda yang ingin menjadi bagian dari TNI. Tes yang dilalui berupa tes lisan serta tertulis. Badan mereka juga harus fit dan tidak memiliki penyakit. Serta tidak menggunakan obat-obatan terlarang maupun narkoba.

Tujuan Diadakan Psikotes Gambar

Masih banyak yang belum mengetahui apa tujuan dari seleksi psikotes menggambar ini. Sebagian besar masyarakat menganggap, tes lisan dan tes tertulis sudah cukup sebagai seleksi masuk. Namun sebenarnya ada tujuan tertentu dari diadakannya tes menggambar ini. Dari hasil gambar peserta, akan diketahui apakah kepribadiannya cocok untuk menjadi anggota dari TNI.

Selain menilai kepribadian positif dari peserta seleksi. Dapat pula diketahui seperti apa kecerdasan, minat, bakat serta kecerdasan emosi dari peserta yang berhasil lolos seleksi masuk TNI. Hal ini sangat penting perannya, mengingat TNI adalah garda terdepan yang akan membela Indonesia.

Cara Psikotes Menggambar Orang TNI atau Polri

Menjadi bagian dari aparatur negara, baik sebagai satuan Polri atau TNI tentu sangat membanggakan. Oleh sebab itu perlu diketahui trik dan cara psikotes menggambar orang TNI atau Polri. Berikut penjelasannya.

Gambar lengkap seluruh panca indra

Meski Anda tidak terlalu piawai dalam menggambar, tidak perlu cemas ketika menghadapi tes semacam ini. Anda hanya perlu menggambar seseorang lengkap dengan seluruh panca indra yang ada agar jelas bentuknya. Tidak masalah jika gambar milik Anda tidak sebagus karya pelukis.

Namun patut diingat sekali lagi. Anda harus menggambar orang, lengkap dengan rambut, pakaian, kaki dan tangan. Jangan sekali-sekali menggambar berupa kartun atau anime. Selain melenceng dari permintaan panitia, Anda juga terancam tidak lolos seleksi. Hal ini akan menunjukkan kepatuhan Anda saat menjalankan perintah. Sedang detailnya membuktikan bahwa Anda orang yang teliti. 

Gambar dengan jelas

Saat menggambar, gunakan garis yang tegas dan jelas saat membuat sosok orang dalam kertas tersebut. Tidak perlu menambahkan garis putus-putus atau bayangan pada gambar tersebut. Pasalnya garis putus maupun berbayang, akan menampilkan Anda sebagai orang yang tidak percaya diri dan serba ragu. Sebaliknya garis tegas menunjukkan rasa percaya diri dan jiwa pemimpin.

Gambar dengan simetris

Akan lebih baik jika menggambar tepat pada bagian tengah kertas yang diberikan panitia. Jangan terlalu ke atas atau terlalu ke bawah. Jangan juga cenderung ke bagian kiri maupun bagian kanan. Ini untuk menunjukan kepribadian yang mampu menempatkan diri pada posisi yang tepat. 

Semoga cara psikotes menggambar orang TNI atau Polri ini dapat membantu Anda yang ingin menjadi anggota TNI. Saat menggambar, kerahkan semua kemampuan untuk menghasilkan gambar yang maksimal. Semoga berhasil. 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.