Resiko memasukan Anak ke sekolah SD/MI dibawah 6.5 Tahun

Info | Bagi Seluruh masyarakat yang akan berencana memasukkan anaknya ke SD/MI pada tahun ini pastikanlah umur anak kita minimal 6.5 tahun di awal pendaftaran Mengapa ?

Karena penerimaan murid sekarang sudah di atur oleh sistem yang mana
Jika anak kita berumur kurang dari 6.5 tahun maka dia tidak akan bisa diproses dg aturan sistem ke pusat,proses pendataannya akan merah sehingga akan merugikan anak kita resikonya adalah:

anak harus di tinggalkan di kls 1 terlebih dahulu baru bisa tahun besoknya atau tahun depan untuk proses pendataan,Nah dari pada psikologi anak kita terganggu karena tidak naik kelas lebih baik ditunda memasukkannya ke SD/MI.

Baca Lainya:  Umpan mancing ikan bawal

bagi sekolah baik negeri maupun swasta mohon jadi perhatian serius tentang hal ini agar tidak terjadi permasalahan di kemudian hari.

sebagai bahan pertimbangan bagi kita semua sebenarnya secara psikologis ideal anak msk SD/MI itu umur 7 th karena kesiapan mental anak usia 7 sdh baik.
identik pd kesiapan mental bukan intelektual

sebab kalau terlalu cepat maka bisa membuat prestasi dan proses belajar anak akan menurun di kls 3 atau 4.(kebanyakan begitu,silahkan cari info tentang anak anak dengan proses belajar diusia terlalu cepat

(klien saya banyak magol belajarnya diusia itu : ttd St Fitriannie, Psikolog)

MenGapa? karna kesiapan mental dan otak atau intelektual anak ditiap usia sudah ada takarannya…dan kalau tdk sesuai usia dan kseiapan mental anak maka..beban materi belajar yang berat akan membuat anak tertekan.

Baca Lainya:  Sikap terpuji sang porter Stasiun Pasar Senen

keduanya yaitu kesiapan mental dan intelektuak tidak bisa di paksakan,jika itu terjadi berefek buruk nantinya.

semoga bisa dipahami..

kalau ada anak kita yang blm 6 tahun merasa bosan di TK yang sama bisa saja dipindahkan ke TK yang lain,asalkan jangan ke SD/MI karena pendataan sistem merugikan anak nantinya baik mental dan waktu.

tp TK yang benar benar menjalankan kurikulum tidak akan membuat anak bosan belajar

Mengapa ?
krn proses belajar ditiap level atau tingkatan ( kelompok A dan B) itu beda ….

Baca Lainya:  Cara Berjualan Online Di Lazada

Karena kurikulum kelompok A dan B juga beda itu yang benar,Jadi sekali lagi saya ingatkan pula bahwa  Jangan tuntut anak kel A bisa baca tulis berhitung karena kurikulum untuk itu adanya di kel B ( terkadang ada orgtua yg menuntut anak segala bisa diusia dininya..pindah sekolah karena tuntutan CaIistung Tk satu dan Tk lain tidak sama.padahal jika melihat kurikulum kel A dan B sudah sangat jelas berbeda karena sudah disesuaikan dgn usianya

Mudah mudahan informasi ini bermanfaat tidak saja buat guru TK / paud juga buat masyarakat yang memiliki anak diusia dini

PENTING UNTUK DIKETAHUI BERSAMA
Sumber Referensi: Dinas Pend Nasional

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.