Penyebab dan mengatasi permasalahan Kopling pada mobil

Jadiberkah.com | Penyebab dan mengatasi permasalahan Kopling pada mobil,Kopling pada kendaraan bertransmisi Manual (MT) tidak bisa lepas dari yang namanya kopling,tapi bagaimana kalo kita saat berkendara mengalami permasalahan seputar kopling sungguh sangat menggangu saat kita berkendara.permasalahan pada kopling tidak selalu identik dengan mobil Tua,tapi tidak juga semua tergantung dari pemakaian.Biarpun mobil baru tapi kalo kita memakai asal asalan tidak menggunakan SOP(standard Oprasional Prosedur) maka kopling baru beberapa bulan pun bisa bermasalah jadi semua tergantung pemakaian.langsung saja

  1. Mobil susah masuk gigi,bisa disebabkan karena minyak kopling berkurang sehingga masuk angin
  2. pedal kopling ngempos saat di injak seperti kosong tidak ada tekanan.
  3. Saat pedal kopling di injak tidak bisa balik,hal ini biasanya karena mobil jarang dipakai jadi piston pada master kopling bawah atau master kopling bawah tidak rata atau kar4at jadi seret,dealam keadaan seperti ini teman teman dinginkan mesin agar piston kembali dingin dan mengkerut maka pedal kopling akan kembali semula,solusinya ganti master kopling atas maupun bawah  agar kembali normal dan tidak was was mogok dijalan karena master kopling tidak mau balik.
  4.  Minyak kopling rembes sering berkurang kemungkinan terjadi kebocoran pada master kopling atas maupun bawah bisa di cek kebengkel terdekat,minyak kopling rembes dan berkurang menyebabkan kopling tidak mampu menekan kampas kopling sehingga saat teman teman mau masukin gigi maka akan susah bahkan  bahkan kalo dipaksakan bisa menyebabkan gigi transmisi akan rusak.
Master kopling bawah pada mobil timor

Berikut adalah contoh master kopling bawah pada mobil timor yang terletak pada posisi dibawah delco yang menempel pada transmisi,coba perhatikan pada gambar di atas.

Master Kopling Atas pada Mobil Timor

Gambar di atas adalah contoh master kopling atas pada mobil timor yang terletak pada samping boster atau teman teman bisa urutkan dari pedal kopling kemana boster kopling atas yang di tuju,teman teman bisa lihat gambar di atas.

Sekian yang dapat saya ulas semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan