Mengatasi permasalahan Delko pada mobil Timor dan lainya

Jadiberkah.com – Mengatasi Permasalahan Delko pada Mobil Timor dan lainya – Mobil Timor termasuk mobil tua yang sangat primadona di kancah anak muda,tetapi buat anda yang sedang melirik untuk meminang mobil Timor atau juga sedang mengalami permasalahan pada mobil Timor,teman teman perlu kesabaran khusus untuk mengatasi permasalahan mobil tua ini.
Permasalahan Delko atau distributor pada mobil Timor sering terjadi menyebabkan performa menurun dan mobil mengalami susah hidup bahkan mogok dijalan karena delko atau distributor bermasalah.

Pada mobil model lama yang masih menggunakan sistem pengapian dengan platinum, waktu pengapian dan pengapian (Ignition Timing) ke ruang bakar dilakukan oleh bagian yang disebut Distributor atau juga dikenal dengan delco.

Baca Lainya:  7 kelebihan Honda CR-V Turbo yang wajib diketahui

Sistem kerjanya adalah Delco membagi dan mengatur kunci kontak dari koil untuk dikirim ke busi di setiap silinder dengan bantuan platinum, kondensor dan rotor di dalam badan Delco.

Rotor bertanggung jawab untuk membagi arus listrik ke dalam busi setiap silinder sesuai dengan urutan pembakaran, yaitu 1-3-4-2 (urutan per silinder) jika mesin mobil menggunakan 4 silinder dan seterusnya, sehingga kunci kontak tidak dapat diurutkan 1-2-3-4.

Tanda Kerusakan Delco

Gejala awal adalah kelainan pada Delco dan bagian dalam menyebabkan mesin terputus-putus karena pengapian yang tidak lengkap atau pengapian yang bisa dibilang lumpuh dan ketika dipaksa di jalan, ujung-ujung mobil akan mogok.

Baca Lainya:  AC mobil tidak dingin karena kompressor tidak bekerja

Ketika berbicara tentang kerusakan pada Delco, itu meluas ke subjek kerusakan pada sistem pengapian mobil bermesin konvensional. Gejala mesin goyah paling sering disebabkan oleh kerusakan pada bagian platinum karena luka bakar dan kondensor yang sudah lemah sampai tidak dapat menyimpan listrik ke platinum atau tutup Delco dan rotor pecah sehingga arus listrik tidak ditransmisikan ke busi, dan penyebab lainnya juga bisa disebabkan oleh koil atau busi dan kabel yang telah rusak, tetapi jika kerusakan hanya pada busi atau kabel busi, mesin hanya menjadi ‘brebet’, tidak langsung mogok dan jika koil atau platinum rusak, kemungkinan mobil itu bisa mati mendadak atau mogok

Baca Lainya:  Cara mengatasi kopling mobil Timor keras dan ngelos saat macet

Untuk menghindari masalah pengapian pada mobil yang masih menggunakan platinum, disarankan setiap 10.000 hingga 15.000 Km atau setiap kali menyetel, platinum dan kondensor harus diganti termasuk busi juga, jangan lupa, jadi jangan tunggu sampai bagian rusak menyebabkan serangan.

Sedangkan untuk penutup Delco (delco) akan lebih baik untuk menggantinya setelah menggunakan hingga 50.000 Km untuk menghindari kebocoran arus listrik untuk pengapian.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.