Mengatasi penyebab mobil TIMOR WAKTU MESIN PANAS DI STATER GAMPANG TAPI MESIN SUSAH HIDUP

Otomotif  | TIMOR DOHC WAKTU MESIN PANAS DI STATER GAMPANG TAPI MESIN SUSAH HIDUP, SETELAH DI DIAMKAN BEBERAPA MENIT BARU MAU HIDUP. ITUPUN KALO PADA SAAT PANAS MESIN DI MATIKAN SEJENAK SEPERTI SAAT BELI BBM, ATAU PUN SEKEDAR UTK BELI KICIMPRING.

Timor dohc paling banyak memiliki kasus seperti ini, dan karna kasus seperti ini pula yg telah menyebabkan bnyak korban dari si pengguna timor, korban dari salah analisa sang mekanik, biasa nya mekanik langsung memvonis utk mengganti coil, delco, pompa bensin, ada juga sebagian yg memvonis utk mengganti ECU. Atau ada juga yg lebih extreme nyuruh ganti bpkb. 😅😅😅😅.mobil jajan banyak tapi penyakit ga kelar2 😅😅😅😅.

sebetulnya kasus seperti ini msalah nya bukan ada pada salah satu part yg udh lemah, masalah utamanya adalah terlalu simple nya sistem kelistrikan timor, knp bisa di katakan simple?? Karna timor dohc yg notabene udh berbasis injeksi yg segala sesuatunya udh d kontrol oleh sistem elektrikal ,fungsi elektrikal engine nya hanya di kontrol oleh satu relay, yaitu main relay engine kaki 5 yg ada pada fuse box di ruang mesin.beda dgn mobil2 lain nya yg beberpa fungsi part nya memiliki relay 2 terpisah, contohnya utk relay fuel pump yg trpisah pada mobil2 lain. Kelebihan dan kekurangan sistem satu relay.
Kelebihan nya : sistem kelistrikan lebih simpel
Kekurangan nya : nah ini yg mnjadi pembahasan utamanya, dgn hnya menggunakan satu relay, otomatis kerja relay terporsir, tegangan arus input ke relay harus benar2 sempurna utk menghasilkan output yg sempurna pula.Kembali ke kasus diatas ,mesin susah hidup ketika panas ya karena ada berkurang nya tegangan yg di kirimkan relay engine ke ECU ketika mesin sedang panas,(biasanya terlebih saat sedang di stater fan radiator dlm keadaan menyala) sehingga ECU mengalami ke’eror’an dlm mengkalkulasikan perintah ke stiap fungsi akurator.

Baca Lainya:  Resiko mudik menggunakan sepeda motor

Lantas penyebabnya apa??..

Penyebabnya ada beberapa faktor, yg pertama karena fungsi relay ga bekerja sempurna ketika panas, ini biasanya penggunaan relay tidak memakai relay original, yg scara kualitas kurang baik. Yg kedua sistem kelistrikan wiring harness udh mengalami penurunan karena faktor usia.
Cara penanganannya :
Penanganan trouble engine mobil itu ga bisa tebak2 buah manggis, satu kasus sama penanganan dan penyebab masalahnya ada berbagai jenis.
Cek secara bertahap, jika anda memiliki kasus seperti ini coba ganti relay dulu dgn yg original. Jika setelah di ganti dgn relay yg ori tapi pnyakit msih ada, cek tegangan arus input dan output pada relay.cek arus tegangan pada jalur kabel wiring, karna dgn usia kabel mobil yg udh uzur bisa menyebabkan berkurang nya tegangan yg dikirim oleh kabel ketika panas, cek juga konektivitas kabel2 dan grounding.(nandang just kidding)

Baca Lainya:  Menganalisa sensor mobil Timor DOHC masih berfungsi baik atau tidak
Summary
Mengatasi penyebab mobil TIMOR WAKTU MESIN PANAS DI STATER GAMPANG TAPI MESIN SUSAH HIDUP
Article Name
Description
Mengatasi penyebab mobil TIMOR WAKTU MESIN PANAS DI STATER GAMPANG TAPI MESIN SUSAH HIDUP
Author
Publisher Name
Mengatasi penyebab mobil TIMOR WAKTU MESIN PANAS DI STATER GAMPANG TAPI MESIN SUSAH HIDUP
Publisher Logo

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.