Permasalahan sensor WTS pada mobil Timor

Otomotif | Mungkin teman teman ada yang sedang bingung mengatasi permasalahan kipas radiator tidak muter yang disebabkan karena sensor WTS tidak bekerja dengan baik,sudah ganti WTS baru gak lama kemudian overheat lagi,padahal baru diganti mungkin kita penasaran kenapa ini bisa terjadi,saya pun penasaran inisiatif  ingin mencari dimana  Letak sensor WTS pada mobil Timor,Sensor WTS mempunyai peran penting karena apa..?Bila sensor WTS pada mobil bermasalah maka mobil bisa mogok karena overheat,Overheat ini terjadi karena Sensor WTS tidak bekerja sebagaimana mestinya mengirim sinyal untuk menghidupkan kipas radiator secara otomatis pada suhu temperatur tertentu.

Cara mengecek Sensor WTS Rusak

Bila teman teman bingung cara mengecek apakah Sensor masih normal atau rusak teman teman bisa ikuti tips berikut

  1.  Saat mobil pertama di panasi coba cabut soket WTS lalu kontak di ON saja apakah kipas Radiator secara otomatis hidup atau tetap mati,bila kipas hidup berarti masalah ada di Sensor TW tidak berfungsi dengan baik.mungkin itu bisa dijadikan salah satu tips cara mengeceknya,Tips ini berdasarkan praktek dan analisa pribadi dan sampai saat saat ini masih berlaku di mobil timor DOHC saya bila kipas radiator tidak hidup secara otomatis.

Tips overheat saat dijalan

Tips bila saat berkendara mobil overheat karena WTS tidak bekerja otomatis kipas radiator tidak mau muter.

  1. Bila teman teman AC tidak fungsi bisa jadi alternatif untuk memutus soket WTS maka secara gak langsung Kipas radiator akan otomatis kipas radiator akan muter terus saat kontak di hidupkan.
  2. Cara yang kedua bila tema  teman AC masih berfungsi dengan baik teman teman bisa hidupkan saja AC maka otomatis kipas radiator dan kipas Condensor akan otomatis muter.Memang boros BBM dikit tapi perjalanan kan jadi nyaman.

Tips Cara memasang Sensor WTS pada mobil Timor 

Mungkin teman teman ingin mencoba mengganti sensor WTS tanpa harus pergi ke bengkel ya iseng iseng dirumah yuk langsung saja:

  1. Siapkan Kunci Ring 19″
  2. Perhatikan gambar di atas posisi letak sensor WTS deket Termostat
  3. Cabut soket WTS terlebih dahulu 
  4. Selanjutnya teman teman copot Sensor WTS dengan kunci Ring 19″ berlawanan arah jarum jam
  5. Buka secara perlahan karena sempit banyak kabel kabel.

Mudah mudahan bermanfaat dan dapat dijadika  referensi teman teman,bila tema  teman masib kurang jelas bisa ditanyakan di kolom komentar dibawah ini.

 

6 thoughts on “Permasalahan sensor WTS pada mobil Timor

  1. gan, mobil ane Timor DOHC th 2000
    ketika panas, temp naik, susah hidup, kadang ketika di cabut wts nya bisa nyala, kdg klo klewat panas juga g bs nyala walau sudah di cabut wts nya.
    Ada solusi kah gan

    1. Iya memang begitu kalo temperatur naik melebihi batas normal maka mobil akan mengalami mogok dan disebut dengan Over Heat,kalo keadaan darurat dinginkan dulu mesin buka kap mesin,bila kiranya sudah dingin cek air radiator apakah berkurang..?bila memang kurang tambahin air coolant atau bisa menggunakan air mineral.
      setelah itu hidupkan kembali dan bawa ke bengkel terdekat untuk pengecekan komponen part yang bermasalah apakah radiator mampet,termostat tersumbat,atau kipas radiator tidak bekerja dengan baik.terima kasih

  2. Oum saya minta gambar atau sedikit penjelasn lewat video boleh ?, punya timor saya dimna kabel soket WTSnya sdh putus dan gk tau jalurnya lagi, soalnya beli dari org juga sih oum.
    Jdi kalau bisa berbagi ilmunya, nuhun sangat oum.
    Jadi sampai sekarang kipas radiator selalu aktif oum.
    Mohon batuannya oum 🙏🙏🙏

  3. Om, kipas radiator sya kog gk bisa nyala ya meskipun udah tak cabut sensor wts nya. Pdhl wktu Q jumper ke aki lgsg bisa nyala, pas Q ukur arus dr soket wts cm kebaca 5ampere pdhl aki baru. Mohon pencerahannya om🙏

Tinggalkan Balasan