Benarkah mobil tua tidak cocok menggunakan Coolant

Jadiberkah.com | Benarkah mobil tua tidak cocok menggunakan air coolantsebagai air radiator untuk pendingin mesin mobil,memang banyak dari teman kita beranggapan kalo mobil tua itu tidak cocok menggunakan air collant..?memang banyak versi analisa pandangan dari orang orang dan semua mempunyai alasan masing masing yang mereka anggap benar.
sebenarnya menurut saya begini,air coolant dibuat sudah melewati beberapa langakah beberapa tahap uji lap analisa dan study yang sudah di pertimbangkan bagaimana air coolant tersebut aman dan cocok dan mampu menstabilkan hawa dingin pada mesin dan mengurangi adanya karat pada radiator maupun pada waterjaket pada mesin menurut saya itu sudah cukup kuat mengapa pabrikan menyarankan menggunakan air coolant sebagai pendingin mobil tidak menggunakan air sumur atau air ledeng.
tetapi ada yang beranggapan mobil bisa mogok atau overheat bila menggunakan air coolant sebagai pendingin mesin (air radiator) benarkah..?mengapa demikian..?.
menurut saya kenapa bisa mogok dan bisa sperti itu bisa saya terima dan masuk akal juga tetapi tidak bisa di judgment atau disimpulkan mobil tua tidak boleh menggunakan air coolant itu saya tidak setuju.
Alasan dan logika mobil tua bisa mogok bila menggunakan coolant:

  1. mobil tua tersebut tidak jelas riwayat perawatan sebelumnya khusunya air pendingin radiator apakan menggunakan coolant atau air ledeng.
  2. bila mobil tersebut secara histori atau riwayat sebelumnya menggunakan air sumur atau air ledeng,dan sekarang ingin diganti dengan air coolant memang tidak bisa langsung menjadi baik tetapi bisa overheat seperti anggapan orang orang karena apa,selama menggunakan air ledeng atau sumur bisa membuat karat dan lumpur dan kapur mengendap dan terangkat sehingga bila kita langsung menggunakan coolant bisa menyumbat termostat dan sensor WTS akan mengalami error atau telat memeberi sinyal untuk memutarkan kipas radiator karena sensor WTS terkena lumpur sehingga tidak akurat lagi dalam membaca suhu mesin.

jadi bila kita ingin menggunakan air coolant pastikan riwayat penggunaan air radiator pada pemilik sebelumnya dan bila dulu memang sudah menggunakan air coolant teruskan saja.
dan bila unit mobil dulunya menggunkan air ledeng atau air sumur dan ingin beralih menggunakan air coolant sebaiknya bersihkan terlebih dahulu radiataor dan lakukan Flush beberapa kali untuk membersihkan endapan lumpur lem sealer dan material yang lain,bila memang kiranya sudah benar benar bersih bisa dicoba beralih menggunakan coolant insaalloh tidak masalah aman dan sistem pendingin mesin lebih baik dan stabil.
itu analisa pribadi versi jadiberkah.com,teman teman bisa menonton video seputar timor dari kami di channel youtube kami yaitu jadiberkah channel jangan lupa like dan subscribe gratis dan jangan lupa klik tombol lonceng ya gaes.trimakasih semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan