Mengetahui Arti Psikotes Menggambar Orang, Rumah dan Pohon

Jadiberkah.com – Saat Anda mengikuti proses seleksi penerimaan karyawan baru, sering diharuskan melakukan psikotest. Melalui arti psikotes menggambar orang serta lainnya akan diketahui kemampuan Anda. Bukan untuk mencari siapa yang paling cerdas,  akan tetapi yang memiliki kemampuan yang dibutuhkan. Karena saat Anda bekerja bukan kecerdasan saja,  skill dan analisa serta mengatasi masalah yang lebih penting. Melalui psikotest semua itu dapat diketahui.

Psikotes merupakan rangkaian tes yang berisi pertanyaan baik itu dalam bentuk kata,  angka hingga gambar. Setiap pertanyaan memiliki arti tersendiri yang hanya diketahui oleh psikolog. Dari jawaban yang Anda berikan akan dapat dinilai dan diketahui sejauh mana kemampuan yang dimiliki. Kecerdasan bukan yang utama tapi kemampuan menangani masalah serta menemukan jalan keluar lebih diutamakan. 

Arti Psikotes Menggambar Orang dan Bentuk Lainnya

Saat Anda mengikuti proses penerimaan karyawan,  pasti akan diminta mengerjakan tes psikotes. Ada beberapa hal atau pertanyaan yang harus Anda jawab termasuk dengan menggambar.

Karena psikotest memiliki banyak jenis tes, mulai dari kalimat pertanyaan,  angka,  bentuk bangun dan ruang serta lainnya. Semua itu memiliki arti dalam menilai kepribadian serta sifat seseorang. Begitu pula dengan tes yang ditujukan bagi calon karyawan baru. 

Arti psikotes menggambar orang serta bentuk lainnya bisa tak terduga,  bagi Anda yang tidak mengetahuinya.  Berikut ini arti dari gambar orang,  rumah serta pohon yang biasa ditemukan saat melamar kerja. 

Menggambar orang

Biasanya Anda akan diminta menggambar tiga bentuk atau jenis orang pada 3 halaman yang berbeda. Nantinya akan dinilai berdasarkan proporsi, kelengkapan anggota tubuh serta detail. Tes ini untuk menilai kepribadian Anda berdasarkan jumlah nilai yang didapat.

Baca Lainya:  Download Contoh Soal Psikotes dalam Melamar Pekerjaan

Menggambar rumah

Sama dengan orang yang umumnya pada proses penerimaan karyawan. Dari tes ini akan diketahui bagaimana sikap Anda dan cara berinteraksi dengan lainnya. 

Menggambar pohon

Yang nantinya akan menunjukkan ketelitian, rasa pemenuhan diri. Ketertutupan, sisi agresi,  ketenangan, kehalusan dan masih banyak lagi arti dari hal tersebut. 

Itulah arti psikotes menggambar orang serta bentuk lainnya dalam rangkaian penerimaan karyawan. Anda dapat mengerjakan semua tes tersebut dengan percaya diri dan rasa tenang agar hasilnya maksimal.

Bagaimana, ternyata soal-soal yang ada pada kertas tes psikotes gambar tidak sesulit yang perkirakan bukan? Meski setiap tes memiliki tingkat kesulitan yang berbeda, kalau dikerjakan dengan penuh konsentrasi dan fokus yang tinggi, maka tes akan berjalan sangat mudah.

Baca Lainya:  Alur Pendaftaran CPNS Tahun 2018

Semoga ulasan mengenai tes psikotes berupa gambar orang, rumah, dan pohon di atas bisa menjadi referensi yang tepat baik untuk pribadi maupun lingkungan sekitar. Selamat mencoba dan selamat berlatih! Oiya, contoh tes psikotes bisa Anda unduh langsung di jadiberkah.com yah, website yang menyediakan ragam informasi dan ilmu.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.