Langkah Apa Saja yang Dibutuhkan Untuk Beternak Ayam Petelur

ilustrasi gambar ayyam ternak petelur

Jadiberkah.comDengan kemajuan zmaan yang kian pesatnya saja, sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa bahan pangan pun semakin melonjak. Bahkan jika di lihat dari pangsa pasar kebutuhan terhadap bahan pangan semakin melonjak dan harganya pun semakin mahal saja. Sehingga tidak heran rasanya kalau saat ini penjualan telur ayam semakin melonjak.

Apa Saja yang Dibutuhkan Untuk Beternak Ayam Petelur?– Bisnis ternak ayam petelur di era zaman modern saat ini memang bisa jadi usaha yang menjanjikan! Bagaimana tidak? Usaha yang satu ini ialah sa;;ah sattu usaha yang cukup menguntungkan. Terlebih mengingat kalau sekarang harga dari telur ayam sendiri terbilang cukup mahal. Selain telurnya yang dapat diambil, ayamnya pun dapat di jual apa bila sudah tidak produktif lagi.

Apa Ayam Petelur Itu?

ilustrasi gambar ayyam ternak petelur
A flock of chickens in search of food late in the day

Ayam petelur ialah ayam betina dewasa yang dipelihara dengan tujuan mengambil telurnya. Pada awal mulanya ayam petelur adalah ayam hutan liar yang ditangkap lalu di pelihara dan sampailah ke tahap seleksi. Dengan seiringnya perkembangan zmaan, sesudah ayam-ayam tersebut diseleksi dan ayam tersebut pun biasa disebut oleh sebagian masayrakat sebagia ayam pedaging dan ayam sebagai alat produksi telur dikenal sebagia ayam petelur. Tidak hanya itu saja, seleksi juga di arahkan pada jenis warna pada kulit telur sehingga dapat dikenal sebagai ayam petelur putih dan coklat.

Baca Lainya:  Tips Keren Menjalani Bisnis dengan Modal Usaha Warung Indomie yang Bisa Disesuaikan

Nah, itu tadi asal muasal ayam petelur dan ayam pedaging yang biaya kita konsumsi. Dan untuk bisa terjun ke dalam dunia bisnis ayam petelur, kalian juga wajib tahu loh beberapa kiat-kiat suksesnya. Penasaran, bukan? Yuk simak beberapa hal yang wajib diketahui dibawah ini!

Hal-Hal Wajib yang Dibutuhkan Dalam Beternak Ayam Petelur

  1. Memilih Jenis Ayam yang Berkualitas

Ada dua jenis ayam petelur yang dapat di ternak yakni ayam petelur putih dan ayam petelur coklat. Ayam petelur putih memiliki ciri telur bewarna putih, sensitive terkena panas dan suara, berat badan cukup ringan. Sedangkan ayam petelur coklat memiliki ciri, berat lebih besar dan bisa di jadikan ayam potong atau pedaging.

  1. Lokasi Kandang yang Tepat
Baca Lainya:  Daftar bisnis online terpercaya dan menguntungkan yang perlu anda coba

Lokasi kandang ayam pun perlu diperhatikan. Pasalnya lokasi yang dekat dengan pemukiman warga tidak baik untuk ternak ayam petelur. Selain limbah kotoran ayam yang tak sedap, resio penularan penyakit pun sangat besar dampaknya. Penting juga nih untuk Anda memilih lokasi yang mudah di jangkau dan usahakan jangan pindah-pindah sebab akan menambah biaya pengeluaran lagi.

  1. Pakan Ayam

Ada banyak sekali jenis pakan ayam yang bisa diberikan kea yam petelur, mlai dari sentrat, tepung ikan, hingga jagung semua itu jenis makanan ayam yang memiliki keunggulan dan fungsi masing-masing.

  1. Minum Ayam

Tidak hanya makan, ayam petelur juga membutuhkan minim, untuk jenis ayam petelur yang baru di ternak upayakan untuk memberinya campuran gula dan obat anti stress.

Naah, jadi itulah beberapa  hal wajib yang harus kalian ketahui jika ingin terjun ke bisnis ternak ayam petelur.

Baca Lainya:  Amalan yang dianjurkan selama bulan Ramadhan

Tips Sukses Beternak Ayam Petelur

  1. Mencari lokasi untuk kandang yang jauh dari keramaian warga
  2. Memilih model kandang yang bisa memaksimalkan tanah
  3. Memilih bibit ayam yang berkualitas
  4. Mensortir telur ayam ketika panen
  5. Selalu menjaga kebersihan dan kesehatan ayam-ayam ternak
  6. Mengetahui kandang pakan apa yang dibutuhkan bagi ayam petelur

Itulah sedikit pembahasan diatas, semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.