Resep sambal petis

Jadiberkah.com | Resep Sambal Petis Mantap.Menu sambal ini cocok untuk pelengkap berbagai menu masakan. .Saya sendiri biasanya membuatnya untuk  setok beberapa hari di rumah supaya praktis.Biasanya sambal petis ini saya jadikan sebagai pelengkap berbagai cemilan berat seperti goreng gorengan.

Bisa juga untuk cocolan saat makan aneka kerupuk,atau bisa juga untuk lutisan yaitu makan aneka macam buah buahan yang kematangannya masih setengah tua dan sambal petisnya sebagai cocolannya.Mantap bukan???untuk Bunda mencobanya.Yuuu simak bahan bahan yang diperlukan dan langkah langkahnya.

Bahan-Bahan Membuat Sambal Petis:

-Petis udang, 5 sendok makan. Sangat disarankan menggunakan petis udang untuk mendapatkan aroma petis yang khas. Aroma petis udang yang tidak amis dan sesuai dengan lidah 0selera orang Indonesia.

Baca Lainya:  Cara membuat cream soup

-Cabai rawit segar, 12 buah. Cuci bersih, kemudian iris halus. Bahan ini opsional. Jika Anda menyukai lebih pedas maka tinggal ditambah saja jumlahnya sesuai dengan selera tingkat kepedasannya.

-Lengkuas, 2 cm yang sudah dibersihkan. Memarkan.

-Daun salam, 1 lembar.

-Daun jeruk, 3 lembar dibuang tulang daunnya.

-Air asam Jawa, 2 sendok makan.

-Minyak goreng untuk menumis secukupnya.

-Air, 300 ml. Jika Anda ingin menghasilkan rasa yang lebih mantap air bisa diganti dengan santan atau sesuai selera.

Baca Lainya:  Resep bumbu sambal colo colo

-Garam, secukupnya.

Bahan yang dihaluskan:

-Cabai merah segar, 5 buah.

-Cabai hijau segar, 5 buah.

-Bawang putih, 6 siung.

-Bawang merah, 12 siung.

-Kunyit, 1 cm.

-Garam, secukupnya.

Cara Membuat Sambal Petis:

-Haluskan bumbu yang harus dihaluskan menggunakan ulekan atau blender sesuai selera. Jika Anda ingin berkreasi untuk mendapatkan rasa pedas yang lebih khas, maka cabai rawit yang diiris tersebut bisa dibiarkan utuh dan ikut dihaluskan bersama bumbu halus tersebut.

-Siapkan wajan dan panaskan minyak.

-Tumis bumbu yang dihaluskan tersebut beserta daun salam, daun jeruk, dan lengkuasnya. Aduk rata dan tumis hingga aromanya keluar.

Baca Lainya:  Resep soto madura

-Setelah bumbu matang, masukkan cabai rawit serta petis udang dan air asam Jawa. Aduk kembali hingga rata dan cabai rawit tersebut sedikit layu.

-Tuangkan air/santan kemudian aduk perlahan hingga mendidih. Jangan lupa cicipi untuk koreksi rasanya, apakah sudah sesuai dengan selera atau belum. Anda bisa juga untuk menambahkan garam atau gula untuk mendapatkan rasa yang diinginkan.

-Apabila sambal tersebut telah mengeluarkan minyak, terlihat berminyak maka dan santan mulai menyusut maka sambal telah matang.

-Setelah dingin siapkan tempat sebagai wadahnya dan tutup rapat jika ingin  disimpan untuk beberapa hari.

Semoga bermanfaat.

1 thought on “Resep sambal petis

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.