Resep soto bening ayam

Jadiberkah.com | Resep Soto Bening ayam.Hallo bunda,Dimusim hujan seperti sekarang ini pasnya menyantap menu berkuah yang lezat.Tertarik untuk membuat sajian yang dapat menghangatkan tubuh.Pas banget,jika membuat soto disantap dalam keadaan masih hangat.Kali ini membuat soto dengan kuah yang bening yang mantap dan lezat untuk dihidangkan.Setiap daerah di Indonesia memiliki resep soto yang berbeda-beda. Ada yang kuahnya bening, juga ada yang dicampur santan. Isian dalam penyajian soto dan bumbunya juga berbeda-beda.Di resep ini sebagai pelengkapnya saya gunakan soun,tauge pendek, bawang goreng yang akan menambah cita rasa soto.  Beserta nasi putih hangat untuk menemani ketika menyantap soto bening.Soto bening merupakan salah satu yang digemari banyak orang dari berbagai wilayah karena rasanya yang ringan dan nggak bikin enek.Biasanya soto bening banyak ditemui di daerah Solo, Jogja, dan Klaten dan sekitarnya.Tips untuk bunda,ketika merebus ayam j0angan lewatkan proses merebus ayam sebanyak 2 kali dan pastikan untuk membuang air rebusan pertama. Supaya kuah kaldu soto tidak keruh dan berbau amis.Sebelum disuwir-suwir, ayam bisa digoreng dulu sesuai selera.Yuuuk bunda disimak bahan yang diperlukan untuk memasak resep ini dan langkah pembuatannya.Happy cooking!!!

Baca Lainya:  Resep tape Goreng keju

Bahan-bahan:


-Ayam bagian dada – 1/2 ekor
-Daun bawang, iris – 1 batang
-Daun seledri, iris – 1 batang
-Daun salam – 3 lembar
-Daun jeruk – 2 lembar buang tulang daunnya
-Serai, memarkan – 1 batang
-Lengkuas, memarkan – 3 cm
-Kunyit, memarkan – 1 cm
-Garam secukupnya
-Lada bubuk – 1/2 sdt
-Kaldu bubuk – 1 sdt
-Air secukupnya
-Minyak, untuk menumis – secukupnya
Bumbu Halus:

Baca Lainya:  Resep nugget ayam sederhana

-Bawang putih – 5 siung
-Bawang merah – 10 butir
-Kemiri – 4 butir
-Jahe – 2 cm
Pelengkap:

Nasi putih – secukupnya
Soun, rebus lalu tiriskan – secukupnya
Tauge pendek, seduh air panas lalu tiriskan – secukupnya
Bawang goreng – secukupnya


Langkah:

1.Rebus dada ayam dengan air secukupnya hingga seluruh bagian ayam terendam. Biarkan mendidih dan keluar semua kotoran-kotorannya. Angkat lalu buang air rebusan pertama. Bilas ayam dengan air mendidih.
2.Dalam panci, masukkan ayam, kaldu bubuk, dan air secukupnya. Rebus hingga kaldu ayam keluar. Angkat dan tiriskan ayam, lalu suwir-suwir dagingnya dan sisihkan. Biarkan air rebusan ayam tetap dalam panci.

Baca Lainya:  Resep Masakan Tahu Campur Lamongan


3.Panaskan sedikit minyak. Tumis bumbu halus bersama daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas, dan kunyit hingga matang dan harum. Matikan api.
4.Tuangkan tumisan bumbu ke dalam panci air rebusan ayam. Aduk rata.
Masukkan garam, lada bubuk, daun bawang, dan daun seledri.
5.Koreksi rasa untuk disesuaikan dan masak sampai mendidih. Matikan api.
6.Cara penyajian:Diatas mangkok,tata nasi putih, soun, dan tauge. Beri suwiran ayam secukupnya, lalu siram dengan kuah kaldu. Beri taburan bawang merah goreng.
7.Soto Bening siap disajikan.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Peringkat: 1 dari 5.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.