Resep SOP buntut

Jadiberkah.com | Resep Sop Buntut.Hallo bunda,Saya mau berbagi resep sop yang sangat populer seantero nusantara.Menu ini banyak sekali orang yang menyukainya.Begitu terdengar di telinga langsung deh terbayang dengan kelezatannya yang super nikmat.Sop buntut adalah salah satu masakan populer dalam masakan Indonesia. Terbuat dari bahan utama potongan ekor sapi yang dibumbui kemudian dibakar atau digoreng dan dimasukkan ke dalam kuah kaldu sapi yang agak bening bersama irisan kentang, wortel, tomat, daun bawang, seledri dan taburan bawang goreng sebagai pelengkapnya yang akan membuat kelezatan yang sempurna. Sop buntut pada umumnya dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah lokal, seperti merica, pala, dan cengkih yàng membuat perpaduan aroma makin menggugah selera.Sekarang ini ada variasi yang relatif baru dari resep sop buntut yang disebut “Sop Buntut Goreng” yaitu buntut sapi goreng yang dibumbui dengan aneka bumbu atau bisa juga dengan digulingkan diatas tepung bumbu lalu digoreng, disajikan dalam keadaan kering atau sesuai selera, sementara cara menyantapnya dengan kuah sup kaldunya disajikan dalam mangkuk terpisah.Sajian ini sangat istimewa untuk hidangan makan keluarga.Yuuk bunda,disimak bahan yang diperlukan untuk memasak resep ini dan langkah pembuatanya.resep bumbu lainya disini

Baca Lainya:  Resep ikan pecak gurame

Bahan-bahan;

Bahan Bahan :
–  1 kg buntut sapi
–  2 buah wortel
–  1 buah kentang
–  1 buah tomat
–  1 buah pala
–  3 buah cengkeh
–  2 cm kayu manis
–  5 siung bawang putih
–  1 siung bawang merah
–  Kaldu Jamur (atau kaldu sapi)
–  Lada
–  Garam secukupnya
–  Bawang goreng secukupnya
–  Daun bawang

Baca Lainya:  Resep SOP misoa



Langkah:


1. Cuci bersih buntut di air mengalir sebelum direbus. Rebus sampai tidak ada darah lagi, lalu buang air rebusan pertama.
2. Panaskan air mendidih di panci baru, masukkan buntut, cengkeh, dan kayu manis. Rebus dengan api sedang.
3. Uleg bumbu halus : bawang putih, bawang merah, pala (belah dua saja supaya mudah dikeluarkan dari kuah nanti). Campurkan bumbu halus ke dalam rebusan buntut. Masukan garam, lada, dan kaldu jamur secukupnya sesuai selera.
4. Simpan dalam kulkas semalaman supaya aroma dan kaldu daging keluar,lalu rebus lagi keesokan harinya dengan api kecil. Bisa tambah air sedikit apalabila kuah sudah menyusut.
5.Tambahkan kentang, wortel dan tomat yang sudah dipotong2. Rebus sampai semua matang dan daging lembut sambil koreksi rasa untuk disesuaikan.
6.Sajikan selagi hangat dengan bawang goreng dan daun bawang sesuai selera.

Baca Lainya:  Cara Membuat Nasi Kuning Kumplit

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Peringkat: 1 dari 5.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.