Resep dan Langkah memulai bisnis jualan martabak telur

Jadiberkah.com | Resep dan langkah memulaai bisnis jualan Martabak Telur.Hallo bunda,Apabila bunda ingin mencari peluang usaha yang perlu bunda lakukan adalah menguasai bidang bisnisnya.Salah satu peluang bisnis yang menggiurkan adalah bidang kuliner seperti membuka ketering salah pilihan dengan omset yang menggiurkan.Usaha dengan berbasis kuliner ini termasuk tidak terlalu ribet untuk dijalankan asalkan paham akan kunci utamanya.Ini dia hidangan ringan yang sangat populer di Pulau Jawa dan Sumatra. Di Jawa terkenal dengan Martabak Telur, di Sumatra punya nama andalan Martabak Mesir. Keduanya memang hampir sama hanya bumbunya saja yang agak berbeda.Saya akan berbagi resep martabak telor sebagai bahan untuk perlu dicoba sebagai peluang bisnisnya. Konon hidangan ini memang diperkenalkan oleh para pendatang dari India yang terkenal dengan penggunaan bumbu kari dalam khasanah budaya kuliner mereka. Salah satu street food fenomenal di Indonesia ini memang sangat populer dengan cita rasa yang begitu enak dan lezat. Sajian ini biasa dijual berdampingan dengan martabak manis atau terang bulan. Sebenernya versi asli dari martabak telur ini menggunakan telur bebek sebagai isiannya. Namun sekarang banyak juga yang menyediakan dengan bahan telur ayam.

Martabak ini sangat lezat dinikmati hangat selagi kulit luarnya renyah, lengkap dengan kuah cuka asam, timun, dan cabai rawit.Mari disimak pembahasan dibawah ini dan bahan yang diperlukan beserta langkah pembuatannya.Happy cooking!!!

Bahan-bahan:


-400 gram tepung terigu
-Secukupnya garam
-250 ml air.
-2 butir telur
-Minyak secukupnya untuk menggoreng dan 100 gr untuk campuran bahan adonan kulit.
-400-500 gr daging cincang.
-6-8 batang daun bawang. Cuci bersih, iris halus.
-8 siung bawang putih, cincang halus
-2 buah bawang bombai, iris halus
-15 buah bawang merah, iris halus
-1 sdt lada halus
-Garam secukupnya.
-8 butir telur untuk membuat adonan (2-4 butir per porsi).

Cara pengolahan :


1.Siapkan wadah bersih. Masukkan tepung terigu, garam. Aduk sampai tercampur rata.
2.Masukkan 1 butir telur, air. Aduk menggunakan tangan sampai adonan menjadi kalis.
3.Bagi adonan menjadi 2,lalu bentuk menjadi bulatan. Olesi bagian luar adonan dengan minyak lalu diamkan kurang lebih 10-13 menit.
4.Lapisi bagian luar adonan kulit martabak dengan minyak, lalu taruh di baskom dan tutup dengan kain selama kurang lebih satu jam.
5.Tumis bawang merah, bawang putih dan bawang bombay sampai harum.
Masukkan daging giling, masak hingga matang.
6.Masukkan daun bawang dan lada halus. Aduk kemudian angkat.
7.Ambil satu adonan kulit dan pipihkan dengan cara menekan dengan telapak tangan agak memutar sampai adonan melebar.
8.Pegang kedua ujung adonan kulit lalu putar dari kiri kekanan sampai adonan melebar lagi. Lakukan berulang sampai didapat lebar yang diinginkan dan adonan kulit martabak menjadi tipis.
9.Ambil bahan isian martabak secukupnya atau kira kira setengah bagian. Masukkan ke dalam kocokan telur dan tambahkan garam, bumbu penyedap rasa apabila suka, aduk aduk sampai rata.
10.Tuang isian martabak ke atas kulit martabaknya.
11.Ambil bagian ujung kulit dan lipat ke tengahnya sampai tertutup rata. 12.Goreng martabak dan bolak balik sampai matang dan berwarna kecoklatan. Angkat, tiriskan.
12.Martabak telor siap dihidangkan.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Kontributor: Badriyah

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.