Resep bumbu soto kikil sapi

Jadiberkah.com | Resep bumbu Soto Kikil Sapi.Hallo bunda,bagaimana kabar?.Semoga selalu sehat dan bahagia.Beberapa orang ada yang tidak menyukai dengan bagian ini, namun tidak sedikit pula yang begitu menggemari kikil. Biasanya Kikil sering diolah menjadi berbagai menu masakan yang kelezatannya  menggugah selera. Seperti yang satu ini bunda, terlalu lezat untuk dilewatkan.Saya mau berbagi satu resep soto kikil untuk mencoba menghadirkan kelezatan akan yang akan memanjakan lidah bunda di rumah. Kuah soto yang gurih enak dipadu dengan kikil sapi yang kenyal lembut. Dimakan dengan nasi atau lontong tetap enak mantap rasanya!.Sebagai pelengkap agar rasa semakin sempurna dan menyegarkan saat disantap sebagai taburanya saya menambahkan, sambal,daun bawang,bawang goreng,jeruk nipis sebagai pelengkapnya. Dengan perpaduan bumbu rempah yang makin membuat aroma kelezatan dari soto kikil makin menggoda.

Baca Lainya:  Resep pesmol ikan

Saya menggunakan kikil siap beli supaya praktis tidak memakan banyak waktu saat memasak.Namun jika bunda membelinya kaki sapi untuk diambil kikilnya supaya tidak memakan waktu yang lama saat perebusan,bunda bisa  mengempukan dengan menggunakan presto untuk merebusnya kurang lebih 15menit dihitung dari suara mendesisnya supaya tidak terlalu lunak.Atau dengan cara diempukan, bunda menggunakan slow cooker dalam waktu 5-6 jam.Langkah membuatnya pun cukup mudah lho.Yuuuk mari bunda,disimak bahan resep bumbu soto kikil sapi yang diperlukan untuk membuat resep ini dan langkah membuatnya.Happy cooking!!!.

Baca Lainya:  Cara membuat Tahu Gimbal

Bahan-bahan:

-2 potong kaki sapi (bersihkan)/ kikil siap beli, potong menurut selera, lalu rebus sampe kikil lunak, lalu buang semua air rebusan
-3 liter Air
-2 batang serai, memarkan
-3-4 lembar daun jeruk

BUMBU HALUS:

-3 buah Cabai merah(sesuai selera)
-5 siung bawang putih
-12 siung bawang merah
-2 sdt ketumbar sangrai
-1/2 sdt jinten sangrai
-7 biji kemiri goreng
– Garam selengkapnya

PELENGKAP:

-8 jeruk nipis,
-daun bambang iris halus
-sambal,
-bambang goreng

Baca Lainya:  Resep mie godog

Cara membuat sambal:
-Bawang putih
-Cabe rawit
-Rebus kedua bahan diatas lalu dihaluskan.Sisihkan

Langkah-langkah membuat Soto Kikil Sapi

1.Rebus kikil dengan air sesuai kebutuhan dalam panci.
2.Tumis bumbu halus, daun jeruk, serai hingga harum, kemudian masukkan kedalam rebusan kikil, masak hingga kikil lunak.
3.Cara penyajian.Saipkan diatas piring dengan potongan lontong, irisan daun bambang, sambal, air jeruk nipis, bambang goreng.
4.Soto Kikil Sapi siap dinikmati.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Peringkat: 1 dari 5.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.