Resep bumbu pastel kriuk isi ayam

Jadiberkah.com | Resep bumbu Pastel Kriuk Isi Ayam.Hallo bunda,Pastel adalah salah satu jajanan tradisional yang  tak lengkang oleh waktu dan masih eksis hingga sekarang.Dan selalu ada inovasi baru untuk isiannya pastel dengan mengikuti perkembangan jaman.Salah satu jajanan tradisional kesukaan saya adalah pastel.Pastel adalah semacam pastri yang dibuat dengan meletakkan isian di atas adonan, lalu dilipat dan ditutup rapat. Pastel dapat terasa manis atau gurih tergantung dari isian. Pastel dapat bunda jadikan bekal makanan yang mudah dibawa-bawa, sama seperti sandwich.Dengan tekstur kulit luarnya gurih dan renyah dan dibentuk ulir seperti gelombang di bagian pinggirnya.Dalam pengisiannya pastel sesuai dengan selera masing-masing.Misalnya  bunda variasikan berisikan ayam dan beberapa sayuran seperti wortel dan kentang dengan tambahan irisan telur rebus di dalamnya atau bisa juga dengsn bihun, membuat pastel menjadi pilihan hidangan yang enak dan mengenyangkan.Pastel ini bisa dijadikan sebagai froozen food dengan penyimpanan yang ditata dengan cara dibatasi dengan plastik supaya tidak lengket  satu sama lain.Pastel sangat enak dinikmati selagi hangat-hangat, sungguh nikmat untuk teman minum teh. Pastel bisa langsung dimakan atau dicocol dengan saus sambal, atau cabai rawit hijau sesuai dengan selera.Langkah pembuatannya lumayan mudah tapi memerlukan ketelatenan dalam membentuk pastelnya lho. Yuuu bunda ikuti pembahasan di resep pastel di bawah ini dengan langkah membuatnya dan bahan yang diperlukan untuk membuatnya.Happy cooking!!!.

Baca Lainya:  Resep semur ayam

Bahan


-200 gram tepung terigu
-60 gram mentega putih
-100 ml air dingin
Bahan kulit II:
-125 gram tepung
-75 gram mentega putih
Bahan isi:
-200 gr dada ayam, potong dadu
-300 gr kentang, potong dadu, tumis sebentar
-1 buah wortel ukuran besar, potong dadu, rebus
-50 gr kacang polong
-10 buah bawang merah
-10 gr bumbu kare siap pakai
-100 ml santan
-Secukupnya garam
-Secukupnya gula
-2 sdm tepung terigu
-2 sdm minyak goreng untuk menumis
-Secukupnya minyak untuk menggoreng

Baca Lainya:  Resep sayur bening daun kelor

Cara membuat bahan isi:


1.Tumis bawang merah cincang hingga aromanya harum.
2.Tambahkan bumbu kare dan tumis hingga berubah warnanya menjadi gelap.
3.Masukkan potongan ayam, kentang, wortel, dam kacang polong. Masak beberapa menit di atas api kecil. 4.Tambahkan santan dan aduk
Masukkan garam, gula, tepung terigu.
5.Koreksi rasa untuk disesuaikan. 6.Masak selama satu menit dan angkat. Pastikan air telah mengental.Sisihkan.

Cara membuat kulit:


1.Campurkan semua bahan adonan dengan air, uleni hingga tercampur rata. Diamkan adonan kurang lebih selama 30-45 menit dan tutupi dengan handuk lembab.
2.Lakukan hal yang sama juga pada adonan kulit II.
3.Roll adonan I menjadi 30×30 persegi panjang. Tempatkan adonan II tepat di tengah atas adonan I, kemudian lipat.
Balik adonan dan perlahan-lahan gulung adonan menjadi persegi panjang.
4.Lipat persegi panjang menjadi tiga dan tekan-tekan dengan ringan. Balikkan ke kiri, 90 derajat. Tutup adonan dan biarkan adonan selama 10 menit.
5.Lanjutkan melipat dan memutar dua kali lebih banyak, kemudian diamkan lagi 10 menit.
6.Gulung adonan menjadi persegi panjang tipis, bagi menjadi dua lembar kecil dan biarkan adonan selama 10 menit dalam kondisi tertutup.
7.Potong setiap gulungan menjadi 10 bagian yang sama. Diamkan kembali selama 10 menit dalam kondisi tertutup.
8.Taburi dengan tepung pada setiap bagian, potong bagian sisinya. Dengan menggunakan rolling pin, roll adonan menjadi bulat dengan ketebalan sekitar 2mm sampai adonan habis.
9.Biarkan adonan selama 10 menit dalam kondisi tertutup.
Isi setiap kulit dengan 2 sdm bahan isian. Lipat adonan menjadi setengah bulan dan berikan pinggiran sampai adonan habis.
10.Goreng pastel dengan api kecil sampai kuning kecokelatan dan tiriskan di atas tissue makan atau kertas kue agar minyaknya terserap. 11.Pastel siap disajikan dengan lalapan cabe hijau segar.

Baca Lainya:  Resep Bebek Sinjay

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Peringkat: 1 dari 5.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.