Resep bumbu gandasturi

Jadiberkah.com | Resep bumbu Gandasturi.Hallo bunda, Mari lestarikan warisan kuliner Indonesia sebagai bentuk kecintaan kita terhadap Indonesia.Apakah bunda belum familiar dengan hidangan cemilan yang satu ini?.Sebagai salah satu warisan jajanan kuliner nusantara yang sudah melegenda memiliki usia sangat tua namun tak lengkang oleh waktu hingga sekarang.Gandasturi yang konon asal usulnya dari tanah jawa ini berbahan dasar kacang hijau.Gandasturi memang merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia yang semakin sulit untuk ditemui sejak beberapa tahun silam. Makanan ini yang orang sering meyebutnya sebagai kumbu ini dulu bisa kita dapatkan dengan mudah di berbagai penjual gorengan. Namun, seiring berjalannya waktu, gandasturi pun mulai sulit ditemukan bahkan tak lagi dijajakan.Biasanya jajanan yang termasuk jenis gorengan ini sering dijajakan di penjual gorengan sebagai salah satu jajakan jualannya.Dari bahan yang sangat gampang ditemukan dan bunda dapat membelinya di toko toko bahan kue atau di warung terdekat.Dengan pembuatannya yang lumayan gampang,dan bahan yang mudah ditemukan bunda bisa jadikan gandasturi sebagai ide bisnis yang menggiurkan. Lalu, sebenarnya seperti apakah bentuk cemilan yang satu ini?Tentunya bunda yang belum kenal dengan gandasturi mestinya juga belum paham dengan bentuknya.

Baca Lainya:  Langkah memulai usaha dan resep kacang bawang

Gandasturi merupakan jenis gorengan yang berbentuk bulat pipih yang terbuat dari kacang hijau dan dicampur dengan gula merah sama halnya seperti bunda membuat isian onde-onde atau isian bakpau serta seperti juga membuat isian bakpia yang dalamnya kacang hijau. Pembuatan adonan gandasturi juga cenderung sangat mudah.Bunda tinggal melapisi campuran kacang hijau dan gula merah tadi dengan tepung terigu untuk kemudian menggorengnya. Gandasturi memiliki tekstur yang unik, karena memiliki kulitnya yang renyah sementara isiannya lembut dan manis.Sangat pas untuk disajikan saat bersantai ditemani dengan minum teh. Sayangnya, gandasturi yang sangat cocok dijadikan teman minum teh atau kopi ini hampir tidak pernah bunda temui lagi di penjual gorengan. Jika bunda ingin mencoba kelezatan cemilan yang satu ini,Kini saya mau berbagi resep dan tips cara pembuatannya.Bunda dapat mencoba membuatnya sendiri di rumah. Namun, perlu bunda perhatikan untuk membuat gandasturi dengan tekstur yang tepat, beberapa poin penting di bawah ini yang wajib bunda perhatikan.Yuuuuk bunda,simak pembahasannya di bawah ini.Mari bunda,disimak bahan yang diperlukan untuk membuat dan langkah membuanya.

Baca Lainya:  Cara membuat wingko teflon

Bahan-bahan.


-300 gr kacang hijau, rendam selama 1 jam (atau rebus menggunakan pressure cooker supaya cepat empuk)
-1,3 liter air
-3 lembar daun pandan
-1/4 sdt vanili
-100 gr gula pasir atau tingkat kemanisan disesuaikan.
-1/8 sdt garam

Bahan untuk pelapis luar:

-150 gr tepung terigu
-Secukupnya garam
-300 ml air

Baca Lainya:  Resep sandwich gulung ayam

Cara membuat :

1.Siapkan panci, rebus kacang hijau, daun pandan, dan vanili sampai kacang hijau lembut.
2.Masukkan gula pasir dan garam. Biarkan sampai gula hancur dan air mengering supaya adonan kacang hijau bisa padat saat dibentuk.Biarkan sebentar hingga dingin.
3.Aduk kacang hijau hingga kalis. 4.Bentuk menjadi bulat pipih ketebalan 1/2 cm.
5.Campurkan semua bahan pelapis luar.
6.Celupkan adonan kacang hijau yang sudah dibentuk dengan pelan-pelan supaya tidak hancur.
7.Panaskan minyak, goreng adonan hingga matang dan kulit kering.Tiriskan.
8.Gandasturi siap dinikamati selagi hangat.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Peringkat: 1 dari 5.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.