Resep bumbu cucur gula merah

Jadiberkah.com | Resep bumbu Kue Cucur Gula Merah.Hallo bunda,Kue cucur merupakan salah satu kuliner tradisional Indonesia yang sampai saat ini masih populer dan banyak diminati banyak orang. Seperti yang kita ketahui, kuliner atau jajanan tradisional, saat ini mulai mengkhawatirkan dengan munculnya kuliner atau jajanan modern. Namun, meskipun begitu kue yang satu ini masih bisa mempertahankan kepopulerannya di tengah himpitan jajanan modern dan kekinian yang semakin banyak dan bervariasi.Mari kita lestarikan warisan salah satu kuliner Indonesia.Kue berwarna cokelat seperti gula jawa bernama kue cucur atau kuih cucur dalam bahasa Melayu ini sampai sekarang masih mudah ditemukan di pasar.

Warna cokelat dari kue ini berasal dari gula merah yang menjadi campuran adonannya. Kue yang satu ini sangat terkenal di daerah Jakarta sehingga sangat mudah ditemukan di setiap penjual kue tradisional serta sering dihidangkan dalam upacara adat budaya Betawi. Tidak hanya di jakarta ternyata kue cucur ini menjadi kue tradisional di kawasan asia tenggara juga. Kue cucur bisa kita temukan di pasaran, baik di pedagang kaki lima ataupun toko kue tradisional. Kita bisa membeli kue ini dengan harga yang cukup terjangkau tanpa mengeluarkan banyak uang . Namun, meskipun harganya terjangkau tetapi tidak ada salahnya apabila bunda membuatnya sendiri di rumah untuk sajian keluarga. Hal ini dilakukan supaya bunda lebih bisa menjaga kehigenisan dan mendapatkan rasa sesuai yang diinginkan. Cita rasanya yang begitu enak dan lezat, sehingga membuat siapa saja yang menyantapnya ketagihan.Sangat cocok untuk dihidangkan bersama teh hangat.Tekstur kue yang satu ini berserat hampir mirip bolu karamel sehingga sangat memanjakan lidah.Dengan bentuk yang bulat dan pipih namun menonjol dibagian tengah. Cara membuat kue cucur gula merah pada umumnya mudah dan sederhana. Bahan-bahannya pun mudah ditemukan dan tentunya murah meriah. Nah, jika bunda ingin membuat kue cucur gula merah di rumah, bunda bisa simak resep dan cara membuatnya di bawah ini.Happy cooking!!!

Baca Lainya:  Resep pepes tahu

Bahan-bahan:

-150 gram tepung beras
-50 gram tepung terigu
-1/2 liter santan yang dibuat dari 1/2 butir kelapa
-150 gram gula merah, sisir
-40 gram gula pasir
-1 lembar daun pandan
-Secukupnya garam
-Secukupnya minyak Goreng

Cara Membuat:


1.Rebus santan bersama dengan gula merah, gula pasir, dan daun pandan hingga larut sambil diaduk. Saring lalu sisihkan.
2.Campurkan kedua jenis tepung, tepung beras dan tepung terigu, dan tambahkan garam.
3.Untuk membuat adonan kue cucur, tuangkan sedikit-demi sedikit larutan gula santan tadi sambil diuleni dan dipukul-pukul selama kira-kira 1/2 jam.Koreksi rasa untuk disesuaikan rasa manisnya. kemudian diamkan selama kurang lebih 1 jam supaya adonan benar-benar tercampur.
4.Ambil wajan kecil cekung dan panaskan minyak goreng. Ambil adonan menggunakan centong sayur/sendok bulat yang berguna sebagai cetakan, lalu celupkan kedalam minyak panas.
5.Lepaskan dan goreng sambil disiram-siram dengan minyak. Masak sampai kue cucurnya menjadi seperti berserat-serat.
6.Tusukkan lidi ke bagian tengah kue, lalu putar-putar. Balikkan kue sebentar sebelum diangkat.
7.Kue siap dihidangkan sebagai teman minum teh.

Baca Lainya:  Resep SOP misoa

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Peringkat: 1 dari 5.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.