Peluang usaha batagor dan cara pembuatanya


Jadiberkah.com | Peluang Usaha Batagor dan cara pembuatanya,Hallo bunda,gimana kabar?.Berbicara mengenai kuliner negeri kita tercinta yaitu Indonesia memang sangat terkenal dengan surga kulinernya.Setiap daerah memiliki olahan kuliner berbeda-beda.Juga beragam akan khas cita rasa yang beragam pula.Proses pengolahan dan bahan bakunya pun beragam tentunya berbeda-beda.Berbicara mengenai kuliner tentunya banyak sekali memberikan manfaat sebagai kelangsungan kehidupan.Hal ini pula yang mendorong banyak kalangan masyarakat memanfaatkan keadaan untuk menjadikan peluang usaha.Ketika bunda ingin mencari peluang usaha yang bisa untuk dijadikan selingan salah satunya yaitu usaha di bidang kuliner bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dijalankan.Perlu diakui salah satu menjalankan usaha yang tidak ada matinya memang bisa dipastikan adalah usaha kuliner.

Melalui hasil olahan makanan yang setiap saat sudah menjadi kebutuhan kehidupan masyarakat luas.Banyak pengusaha di bidang kuliner yang dari tahun ke tahun semakin mengembangkan usahanya menjadi makin besar dan dengan potensi yang makin terbuka lebar.Dengan menjalankan kegiatan usaha makanan bisa dikatakan menjadi usaha yang sangat menggiurkan dengan penawaran keuntunggannya sehingga mampu menjadikan sebagai bisnis yang fantastis penghasilannya.Kini masyarakat dengan terus menerus berlomba-lomba menghadirkan berbagai ragam kuliner olahan makanan  sebagai daya saing pasaran supaya tetap mampu bersaing yang saat ini semakin ketat.Memang bisa dibilang sedikit sulit untuk selalu membuahkan kreatifitas.Namun jika dijalankan dengan maksimal usaha makanan tentunya kunci kegiatan membuat makanan akan tidak sulit dan dapat dilakukan dengan mudah.Salah satu makanan olahan yang tergolong sangat populer di masyarakat dan memiliki rasa yang mantap dan lezat yaitu olahan jenis gorengan yang bernama Batagor.Konon cerita kudapan ini berasal dari kota Bandung dan konon cerita pula.

Batagor adalah kata singkatan dari bakso,tahu goreng yang pada umumnya terbuat dari bahan bakso dan tahu yang digoreng. Batagor adalah salah satu olahan makanan yang bisa dikembangkan sebagai peluang usaha.Pastinya bunda sudah tidak asing lagi dengan olahan makanan yang bernama Batagor.Selain makanan yang tergolong sangat populer Batagor juga memiliki banyak penggemar mulai dari anak-anak hinggo orang dewasa hampir semua kalangan menyukainya.Dengan tekstur yang sedikit crispy dan empuk pada umumnya batagor disajikan dengan sambal kacang yang disiramkan diatas sajian dengan dikucuri jetuk limau yang menambah kesegaran dalam bersantap.Olahan batagor ini saat ini sangat mudah untuk kita dapatkan di kedai-kedai pinggir jalan,rumah makan hingga restoran.Dengan bahan baku yang harganya cukup terjangkau tentunya harga olahan batagor masih terjangkau.

Baca Lainya:  Tips Langkah memulai bisnis tanaman

Batagor yang memiliki banyak penggemar sehingga keberadaannya yang laris manis membuat kesempatan ini bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis yang menggiurkan.Kesempatan usaha bisnis batagor ini tentunya masih terbuka lebar untuk dijalankan sebagai peluang usaha.Dengan menjalankan kegiatan usaha batagor ini tentunya akan mendatangkan bunda keuntungan yang menggiurkan.Untuk memulai menjalankan usaha batagor ini tentunya sangat mudah dimulai dari modal yang kecil skala rumahan.Apabila bunda tertarik untuk menjadikan batagor sebagai peluang usaha di bawah ini kami akan menghadirkan resep batagor yang enak.Juga memberikan contoh analisa pemasaran usaha batagor yang dimulai dengan skala kecil.Namun sebelum kita membahas contoh analisa pemasarannya alangkah baiknya kita membahas proses pembuatan batagor dan resepnya dibawah ini sebagi contoh untuk bunda mempraktekannya beserta bahan yang diperlukan.Mari simak langkah langkah pembuatannya dibawah ini.Happy cooking!

Di bawah ini kami hadirkan contoh sederhana dari analisa usaha batagor dengan sekala kecil.

# -Membuka lowongan karyawan

Apabila bunda merasa keteter dengan pembuatan usaha batagor untuk membantunya bisa mencari karyawan sebagai tenaga bantu untuk memperlancar menjalankan usaha batagor ini.Jika usaha bunda sudah lebih ramai dengan merekrut karyawan adalah menjadi pilihan yang tepat guna membantu kegiatan pembuatan batagor untuk memperlancar dalam usaha yang sedang berjalan.Pemilihan karyawan dengan selektif dan diimbangi dengan keinginan kinerja yang tinggi.

# -Pemasaran.

Hal yang terpenting dalam berbisnis dengan jualan prodak adalah salah satunya dengan memiliki strategi pemasaran dan promosi yang menarik guna untuk memperlancar daya jual dan menaikan penghasilan guna untuk kemajuan maupun kesuksesan usaha batagor.Dalam berpromosi di era modern ini nan cangghih selain bunda memasang spanduk di tempat usaha  jualan bunda bisa memanfaatkan jejaring  sosial seperti facebook,instagram,WhattApp,ataupun yang lainnya.

# -Cara Memulai Usaha

Ketika bundá ingin memulai usaha Batagor maka perlu diperhatikan permulaan untuk memulainya.Usaha batagor ini bisa dimulai dengan sangat mudah dimana bisa dimulai dengan skala kecil yang tidak memerlukan modal besar dan kedepannya yang cukup bagus dan menjajikan untuk dijalankan .Dengan modal awal bisa yang dimulai dengan skala rumahan apabila dijalankan dengan menerjuni dengan pengelolaan yang baik maka usaha batagor ini akan sangat menguntungkan dan menjadi sukses.

Baca Lainya:  Resep tempe mendoan

# -Peralatan

Untuk mendukung secara maksimal kelancaran usaha batagor ini maka diperlukan peralatan yang mendukung untuk proses pembuatan dan proses berjualannya.Berbagai peralatan yang diperlukan untuk kelancaran usaha batagor yakni seperti:panci,wajan,wadah,penggorengan,kompor,tabung gas dan peralatan lainnya yang diperlukan jika menggunakan gerobak tentunya hal yang diutamakan.

# -Bahan Baku

Mempersiapkan usaha batagor dimulai dari persiapan sebelumnya yaitu bahan baku.Dengan bahan tersebut dibutuhkan untuk olahan batagor bunda  dapat membelinya di pasar tradisional maupun di swalayan.

# -Konsumen.

Jika bunda ingin menentukan konsumen usaha batagor tidaklah sulit.Dengan membuat batagor dengan cita rasa yang nikmat dan selalu menjaga kualitas bahan baku sehingga menjadikan suguhan yang nikmat untuk menarik para konsumen.Dengan konsumen batagor yang digemari berbagai kalangan dari anak-anak hingga dewasa.

# -Penentuan Harga

Penentuan usaha batagor bisa diperkirakan dari banyak sedikitnya batagor tersebut karena kudapan batahor ini pada umumnya disajikan menggunakan piring sebagai wadahnya..Dilihat dari bahan baku batagor yang notabenya harga lumayan terjangkau maka mempertimbangakan dari harga bahan dasarpun cukup disesuaikan.

# -Tempat Strategis.

Hal yang sangat diperhatikan salah satunya adalah dalam upaya menjalankan usaha batahor yang menjadi pertimbangan yang cukup matang adalah dengan mempertimbangkan lokasi berjualannya yang memerlukan tempat yang ramai supaya masyrakat gampang mengetahuinya.Untuk menjalankan usaha batagor lokasi sangatlah berpengaruh pada kelancaraan usaha.Apabila bunda sampai kurang tepat dalam menentukan tempat bisa merugikan usaha yang bunda jalankan.Dengan lokasi yang strategis maka akan sangat berpengaruh pada usaha yang dijalankan juga mudah untuk ditemui banyak orang.Contohnya lokasi yang strategis untuk menjalankan usaha seperti di dekat pasar,depan sekolah,ataupun pinggir jalan yang ramai lalu lalang orang.dll.

# 2.Cita Rasa

Hal tak kalah penting adalah menjaga kualitas rasa supaya pelanggan bisa tetap membeli.Bunda bisa diperbolehkan melakukan inovasi untuk menambah daya tarik dan memberikan ke khasan supaya menarik para pelanggan.Dengan seperti itu salah satu upaya untuk kelangsungan usaha yang dijalankan.

Baca Lainya:  Resep ayam kalasan

# -Pemasangan Banner

Selain pemilihan tempat yang strategis diperlukan pula pemasangan banner untuk dengan mudahnya masyarakat mengetahui keberadaan usaha yang dijalankan.Selain itu penerangan juga selalu menjadi salah satu hal yang sangat mendukung.Dengan lampu yang terang sehingga dengan mudahnya diperhatikan banyak kalangan masyrakat.

# -Kebersihan

Dengan selalu menjaga kebersihan tempat usaha dan selalu menjaga kerapihan maka akan berdapak pada kenyamanan para pelanggan dalam menikmati kudapan yang bunda jajakan.
Kiranya sekian pembahasan mengenai peluang usaha batagor dan resep beserta langkah membuatnya.Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba.Happy cooking!!!

# Bahan-bahan

-Ikan tenggiri fillet, haluskan – 600 gram
-Tepung sagu – 300 gram
-Kulit pangsit – 20 lembar
-Tahu putih / kuning – 12 buah
-Daun bawang iris halus – 4 batang
-Merica – 1 sdt
-Gula pasir – 2 sdt
-Garam – 2 sdt
-Air hangat – 200 ml
-Minyak, untuk menggoreng – secukupnya
-Bawang putih – 6 siung
-Bawang merah – 6 butir

# Cara Membuat Saos/Sambal Kacang:

-Kacang tanah, goreng – 500 gram
-Cabai merah, goreng – 6 buah
-Bawang putih, goreng – 6 siung
-Cuka – 2 sdm
-Garam – 4 sdt
-Gula pasir – 4 sdt
-Air – 500 ml

# Langkah Membuat Batagor

1. Ambil tahu lalu belah masing-masing jadi bentuk segitiga. Keruk daging tahu segitiga di bagian tengah/dasarnya hingga berbentuk lobang. Sisihkan.

2. Dalam wadah, campur daging ikan yang sudah digiling, tepung sagu, daun bawang, merica, gula, dan garam. Aduk rata.

3. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan mengental kira-kira jangan terlalu encer

4. Siapkan tahu segitiga dan kulit pangsit. Isi tahu dengan 1 sdm adonan daging lalu ratakan. Taruh 1 sdm adonan daging di tengah kulit pangsit lalu rekatkan di tengahnya hingga berbentuk seperti bunga. Lakukan hingga semua adonan habis.

5. Panaskan banyak minyak dalam wajan. Goreng tahu dan pangsit hingga kuning kecoklatan dan matang. Angkat dan tiriskan.

6. Tata diatas piring potong potong sesuai selera lalu disajikan dengan siraman saus/sambal kacang.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat dan membawa keberkahan

Kontributor: Badriyah

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.