Resep gulai nangka

Jadiberkah.com | Resep Gulai Nangka.Hallo,Bunda gimana kabar semuanya.Semoga selalu sehat dan bahagia.Budayakan dapur ngebul setiap hari untuk menyajikan hidangan keluarga pastinya untuk menambah kebahagiaan ya bunda.Kali ini saya akan berbagi resep mengenai gulai nangka ala saya sendiri yang mantap.Kebetulan buah nangkanya saya dapatkan dari pekarangan sendiri,buah nangka yang masih muda yah bun….Gulai nangka ini sangat cocok sebagai menu tambahan untuk lauk.Nggak perlu ribet-ribet lagi biasanya saya gorengin ikan asin layur dan sebagai tambahannya saya membuat sambal juga jika dirasa kurang mantap.

Untuk hal memasak gulai menurut saya sih,gulai nangka akan makin mantap jika kita tambahkan daging tetelan agar cita rasa makin lezat dan mantap makin menggugah selera makan kita.Biasanya saya menambahkan cabe rawit utuh juga pada gulai nangka guna untuk penambahan lebih pedas jika saat kita makan supaya tambah nampol banget atau bisa menggunakan sambal sesuai selera masing-masing.Nah,disini kuncinya untuk menghasilkan aroma kuah gulainya agar makin mantap dan beraroma santan segar nan wangi,saya selalu memisahkan santan kentalnya untuk dituangkan pada saat terakhir ketika gulai akan matang.Jangan lupa juga bunda selalu koreksi rasa supaya hasil masakan pas dilidah.Rasanya sudah tidak sabar lagi untuk mencoba.Pas,sudah matang langsung saya makan bersama nasi putih.Mantapnya ketika saat makan bersama cabe rawitnya.Uuh berasa langsung meledak di mulut bikin nagih lagi.Bikin makin bunda penasaran langsung saja yuuk bunda disimak bahan yang diperlukan dan langkah pembuatannya.resep lainya appy

cooking!!!

Bahan Yang Diperlukan:

Nangka muda ½ buah
Kacang panjang 1 ikat
Santan kental 1 gelas
Santan kelapa secukupnya, dari parutan 1 butir kelapa
Bawang merah 7 butir
Bawang putih 3 butir
Kunyit 3 cm
Cabai merah 6 buah
Jahe 2 cm
Kemiri 4 butir
Asam jawa 1 sendok makan
Lengkoas 4 cm, memarkan
Serai 1 tangkai
Daun jeruk 4 lembar
Daun kunyit secukupnya

Baca Lainya:  Resep ayam pop

Cara Membuat:

Potong-potong nangka muda yang sudah dibersihkan kulitnya, berikut potong kacang panjang. Selanjutnya siram terlebih dahulu dengan air garam.
Haluskan kemiri, kunyit, jahe, cabe, bawang putih dan merah sampai benar-benar halus.
Bumbu halus tersebut dicampurkan ke dalam santan, lalu aduk secara merata agar santan tidak pecah. Gunakan api yang sedang.

Baca Lainya:  Resep rujak soto banyuwangi


Sekarang masukkan potongan nangka muda, daun jeruk, lengkuas, serai, asam jawa, penyedap rasa juga garam ke dalam kuah santan dan lanjutkan aduk merata.
Masukkan kacang panjang ke dalam kuah santan, lalu lanjutkan masak sampai mendidih. Setelah mendidih,masukan santan kental sambil diaduk supaya santan tidak  pecah sampe mendidih sembari koreksi rasa,terus diangkat.
Gulai nangka ala saya siap disajikan.
Sajikan gulai nangka selagi hangat.

Baca Lainya:  Resep Lontong Cecek Sidoarjo

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Peringkat: 1 dari 5.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.