Resep ayam lodho mantap

Jadiberkah.com | Resep Ayam Lodho Trenggalek.Menu masakan dari bahan ayam kampung yang satu ini membuat makan menjadi lahap.Rasanya yang mantap dan khas berasa seperti ayam panggang namun berkuah santan ditambah dengan rasa yang pedas jadi makin menggugah selera.Cara menikmati Ayam Lodho khas Tenggralek semakin nikmat jika disantap ditambah kerupuk udang sebagai pelengkapnya atau bisa juga ditambah keripik tempe sebagai pelengkapnya .Akan lebih nikmat lagi jika menikmatinya disajikan dengan urap urapan,menu masakan dari aneka campuran sayur mayur ditambahkan dengan parutan kelapa yang sudah digoreng dan dibumbui sebelumnya .Menu Ayam Lodho Trenggalek sangat pas untuk dijadikan menu hidangan hari raya.Langkah membuatnya sederhana dan al hasil mantap banget.Di sini saya mrnggunakan bumbu yang saya sanggrai dahulu untuk mengurangi kadar minyak dalam masakan,biasanya digoreng atau sesuai selera Bunda.Yuuu Bunda disimak bahan yang diperlukan dan langkah-langkah pembuatannya.

Baca Lainya:  Resep ayam penyet

Bahan utama:

-1 ekor ayam kampung ukuran sedang

-500 ml santan kental

-1 liter santan cair

-Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus

-10 buah cabe rawit

-3 buah cabe merah besar

-5 butir kemiri disanggrai

-1 ruas kunyit disanggrai

-1 ruas jari kencur disanggai

-15 butir merica disanggrai

-8 butir bawang merah

-6 siung bawang putih

Bumbu kasar

-3 lembar daun jeruk dibuang tulang daunnya

Baca Lainya:  Resep Masakan Ayam Taliwang

-1 ruas jari lengkuas, memarkan

-1 ruas jari jahe, memaarkan

-1 batang serai memarkan

-4 lembar daun salam

-Garam secukupnya

-Gula secukupnya

-Kaldu blok rasa ayam secukupnya.

Cara membuat ayam lodho

-Belah ayam kampung yang sudah dibersihkan sebelumnya menjadi 2 bagian, tetapi tidak sampai terputus sekedar untuk dilebarkan supaya gampang dibakarnya.

-Kemudian panggang ayam diatas bara api, hingga berwarna sedikit kecoklatan dan tentunya di bolak-balik agar matangnya merata dan tidak gosong.

-Angkat ayam ketika sudah hampir matang dan harumnya sudah keluar.Lalu sisihkan.

-Sementara itu, tumis bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya dengan minyak secukupnya sampai mengeluarkan bau harum. Setelah itu masukkan bumbu kasarnya, aduk-aduk hingga baunya harum.

Baca Lainya:  Resep ikan pecak gurame

-Setelah berbau harum masukkan santan cair, tunggu hingga mendidih.

-Jika sudah mendidih kecilkan api masukkan ayam yang sudah dipanggang sebelumnya hingga semua bumbu-bumbu meresap ke dalam ayam semua.

-Setelah daging ayam sudah lunak, masukkan santan yang kental. Tunggu hingga mendidih sambil diaduk perlahan jangan sampai santan pecah.

-Ayam Lodho sudah siap disajikan ditemani dengan nasi hangat beserta pelengkapnya bisa di taburi dengan bawang goreng supaya lebih nikmat.

Semoga bermanfaat

Peringkat: 1 dari 5.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.