Resep ayam kalasan

Jadiberkah.com |Resep Ayam Kalasan.Hallo,Bunda tersayang gimana kabar???semoga selalu sehat dan bahagia dan diberi keberkahan untuk kita semua.Budayakan dapur ngebul setiap hari untuk menyajikan hidangan keluarga tercinta dan semoga semakin bahagia.Kali ini saya akan berbagi resep yang banyak orang suka,yaitu resep ayam kalasan yang lezat dan mantap.Selain itu langkah pembuatannya yang cukup mudah dipraktekan.Dilihat dari segi resep bumbunya sebenernya hampir mirip dengan resep ayam bacem atau bisa dibilang sama.Al hasil masakan pun sama enak mantap dan lezat.Saya mau berbagi tips nih buat bunda semua,untuk menghasilkan bumbu yang benar-benar meresap ketika mengungkep gunakan api yang benar-benar kecil.Sebaiknya untuk menghasilkan rasa yang lebih mantap lagi ayam yang telah diungkep lebih enak jika digoreng keesokan harinya. Atau telah diinapkan semalaman di lemari es sebab bumbunya akan lebih meresap.Bunda bisa mengkreasikan lagi dari hasil ungkepan ayam kalasan juga dapat dibakar atau dipanggang sesuai selera.Kali ini dari hasil ungkepan ayam kalasan saya goreng.

Numun langkah penggorengannya juga sebaiknya menggunakan api kecil supaya tidak mudah gosong.Untuk menambah kelezatan saat menyantap ayam kalasan saya gunakan sambel sebagai pelengkapnya,sambal apa saja sesuai selera bunda masing masing.Tak ketinggalan pula saya selalu sediakan lalapan seperti timun,daun selada ataupun kemangi atau kol sesuai selera sebagai pelengkap tambahan.Yuu bunda disimak  bahan yang diperlukan juga langkah   membuatnya. Happy cooking!!!

Bahan-bahan:

Ayam – 1 ekor
Jeruk nipis, ambil airnya – 1 butir
Air kelapa – 1 liter
Daun salam – 2 lembar
Lengkuas, memarkan – 2 ruas
Gula merah, sisir halus – 2 sdm
Kecap manis – 1 sdm
Garam secukupnya
Air asam jawa – 1 sdm
Minyak goreng – secukupnya

Bumbu Halus:

Bawang merah – 7 butir
Bawang putih – 3 siung
Ketumbar – 1 sdt

Pelengkap:

Sambal – secukupnya
Lalapan – secukupnya
Langkah:

Potong ayam jadi 8 bagian. Cuci bersih lalu lumuri seluruh bagiannya dengan jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit. Bilas kembali dengan air hingga bersih.
Dalam wajan besar, rebus ayam bersama air kelapa, bumbu halus, daun salam, lengkuas, gula merah, kecap, garam, dan air asam jawa. Aduk rata dan masak hingga mendidih. Koreksi rasanya.
Gunakan api kecil lalu tutup wajan dan ungkep sampai ayam empuk dan air menyusut. Matikan api lalu biarkan hingga dingin.
Panaskan banyak minyak. Goreng ayam dengan api kecil hingga berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
Ayam Kalasan siap disajikan dengan sambal dan lalapan.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.