Resep ayam gepuk

Jadiberkah.com l Ayam Gepuk.Haii…!!!Bunda gimana kabar???semoga selalu sehat dan Jangan lupa bahagia.Yuu bunda budayakan dapur ngebul setiap hari untuk menyajikan hidangan yang lezat dan mantap untuk keluarga tercinta.Bunda,kali ini saya akan berbagi resep ayam gepuk.Dan ini cukup mudah bunda praktekan di rumah.Kenapa sih kok dinamakan ayam gepuk???pastinya bunda mengetahuinya.Ayam gepuk sendiri karena proses mengolahnya dengan cara digepuk lebih tepatnya dengan cara dipukul menggunakan ulekan.Ayam gepuk akan terasa lebih kering ketika digoreng karena hasil dari gepukan membuat daging ayam tersebut terbuka.

Baca Lainya:  Resep ayam penyet

Ayam gepuk sangat cocok disantap bersama sambal dan nasi hangat.Untuk menghasilkan ayam dengan bumbu yang lebih meresap,bunda gunakan api kecil saat mengungkep ayam.Mari bunda simak bahan yang diperlukan dan langkah-langkah membuatnya.Happy cooking!!!

Bahan-bahan:

Paha ayam – 250 gram
Daun salam – 1 lembar
Lengkuas, memarkan – 2 cm
Air – 600 ml
Minyak, untuk menggoreng – secukupnya

Bumbu Halus:

Bawang putih – 3 siung
Bawang merah – 6 siung
Kemiri – 3 butir
Jahe – 3 cm
Kunyit – 2cm
Ketumbar – 1/2 sdt
Garam secukupnya
Gula pasir – 1/2 sdt

Baca Lainya:  Resep nasi liwet

Sambal:

Bawang merah – 5 siung
Cabai rawit – 15 biji
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya
Kaldu bubuk – sejumput
Minyak, untuk menumis – 1 sdm

Langkah:

Dalam panci, campur ayam dengan bumbu halus, daun salam, lengkuas, dan air. Ungkep menggunakan api kecil hingga air menyusut dan bumbu meresap. Matikan api.
Panaskan minyak. Ambil ayam lalu gepuk/pukul menggunakan ulekan.Cukup menjadi sedikit merekah dan jangan sampe hancur. Goreng ayam dalam minyak panas hingga kedua sisinya kecoklatan. Angkat dan tiriskan dan sisihkan.

Baca Lainya:  Resep tahu Aci tegal

Langkah membuat sambalnya:
Goreng bawang merah dan cabai rawit hingga asal terlihat layu, lalu angkat. Ulek kasar bawang merah, cabai rawit, dan bahan-bahan sambal lainnya. Panaskan minyak, lalu tumis sambal sebentar saja. Angkat dan siap digunakan.
Cara penyajian.Tata nasi diatas piring dan ayam gepuk tadi beserta sambal dan lalapan sebagai pelengkapnya.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Peringkat: 1 dari 5.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.