Ini Loh 11 Rumus Excel Untuk Admin Yang Harus Diketahui!

rumus excel untuk admin

Jadiberkah.com – Dunia admin perkantoran tidak akan bisa lepas dari salah satu aplikasi, yaitu aplikasi Microsoft Excel. Adanya aplikasi rumus excel untuk admin akan memudahkan dan mempercepat dalam pengolahan sebuah data. Oleh sebab itu, sebagai seorang admin harus mengetahui rumus yang sering digunakan dalam Microsoft Excel. 

Ada berbagai macam rumus yang bisa digunakan dalam Microsoft Excel. Sudah menjadi tugas admin kantor untuk mengetahui semuanya. Jika tidak bisa, sekiranya beberapa rumus dasar sudah dikuasai. Seperti beberapa rumus dasar di bawah ini. 

Rumus Excel Untuk Admin yang Sering Digunakan

Pasti sangat kesulitan jika menghafal semua rumus excel untuk admin. Tapi, jika yang dasar harus dipelajari, tentu tidak akan kesulitan. Seperti beberapa rumus dasar excel berikut ini. 

SUM

  • Kegunaan dari rumus SUM, adalah guna membantu penjumlahan. Dengan pemisah (,) dengan ini kalian dapat menjumlahkan angka per kolom. Sedangkan kalau dengan pemisah, (: ) kalian dapat menjumlahkan angka dalam satu range, contohnya dalam satu barisan kolom A.

Count

  • Sedangkan Count, penulisan kegunaannya hampir sama dengan SUM yakni hanya saja yang membuatnya berbeda fungsi untuk menghitung jumlah angka di suatu range, baris atau kolom. Dan perlu di ingat ya, menghitung jumlah bukan menjumlahkan. COUNT sendiri tidak hanya menghitung jumlah angka yang ada saja, jadi karakter selain angka tak akan masuk di hitungan.

Counta

  • Fungsi counta bisa dibilang hampir serupa dengan Count hanya saja fungsi rumus ini dapat menghitung karakter lain diantaranya huruf maupun simbol yang terkait dalam satu range, baris atau kolom.

Trim

  • Trim berperan sebagai penghitung kelebihan spasi yang ada di suatu sel.

LEN

  •  LEN berperan sebagai rumus menghitung jumlah karakter dii sebuah sel. Spasi juga termasuk dalam hitungan.

Average

  •  Average adalah rumus yang dapat digunakan sebagai penghitung nilai rata-rata pada kumpulan angka di sebuah range. Serupa dengan SUM dan Count, ialah sebagai fungsi mendasar.

MIN dan MAX

  • MAX adalah berperan sebagai pencari nilai tertinggi untuk sebuah range. Sedangkan MIN berperan sebagai mencari nilai terkecil.

IF

  •  IF biasanya paling banyak digunakan untuk fungsi logika. Seperti halnya, pada saat Anda menghitung target penjualan. Apabila berhasil hingga mencapai diatas GBP 500.000 maka target telah tercapai, jika tidak seperti itu maka tidak tercapai target penjualannya. Jadi, penting untuk menguasai rumus IF karena rumus ini selalu berjumpa dengan kasus sejenis ini.

Concatenate

  •  Concatenate berperan dalam menggabungkan karakter untuk berbagai sel agar menjadi sebuah sel.

MID, RIGHT dan Left

  • MID adalah rumus yang berperan dalam memisahkan karakter di sebuah sel yang dapat dimulai dengan karakter pada tengah. Sedangkan RIGHT berperan sebagai pemisah karakter di sebuah sel yang diawali pada karakter yang kanan. Dan untuk rumus Left sendiri ia berperan sebagai pemisah karakter di satu sel yang diawali dengan karakter paling kiri.

Vlookup dan Hlookup  

  • Vlookup adalah rumus yang berperan guna mencari dan membandingkan data di tabel referensi dengan bentuk vertikal, yang artinya mengacu pada data kolom bagian kiri. Sedangkan hlookup memiliki kegunaan yang serupa, hanya saja perbedaannya HLOOKUP dilakukan dengan horizontal dengan mengacu pada data baris paling atas. Dari kedua rumus ini pun memiliki peranan yang dapat membantu kita dalam mengerjakan dan menggabungkan 2 data yang berbeda dengan materi yang sama.

Demikian ulasan mengenai rumus excel untuk admin, semoga bermanfaat untuk teman-teman semua. 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.