Masalah Yang Sering Terjadi Pada Komputer dan Cara Mengatasinya

seringkali kerusakan yang terjadi pada komputer masih bisa diatasi sendiri. Seperti masalah yang sering terjadi pada komputer dan cara mengatasinya

Jadiberkah.com – Meskipun termasuk barang yang canggih, bukan tidak mungkin komputer mengalami kerusakan. Bahkan mungkin sewaktu-waktu komputer canggih tersebut akan mengalami kerusakan. Ada kerusakan yang berakibat fatal dan ada yang tidak. Namun, masalah yang sering terjadi pada komputer dan cara mengatasinya dengan mudah bila tahu caranya.

Komputer yang rusak, seringkali akan langsung membawanya pada tukang servis. Padahal, seringkali kerusakan yang terjadi pada komputer masih bisa diatasi sendiri. Seperti masalah yang sering terjadi pada komputer dan cara mengatasinya

Masalah yang Sering Terjadi Pada Komputer dan Cara Mengatasinya

Masalah pada komputer sering membuat jengkel, apalagi jika sedang fokus bekerja. Mulai dari kerusakan layar sampai mengatasi virusnya. Tidak perlu bawa komputer ke tukang service, jika masalahnya bisa diatasi sendiri. Seperti contoh kerusakan di bawah ini. 

Malware

  •  Sama halnya dengan virus, tetapi malware lebih berbahaya. Kondisi seperti ini bisa saja melukai bahkan bisa juga menghentikan komputer dan sistem-sistemnya. Untuk menghindari hal ini kalian perlu menginstal terlebih dahulu. namun hanya saja sekarang kamu perlu mengunduh file di sebuah website yang ditempati malware.
  •  Cara mengatasinya yakni, jamu bisa menggunakan malware tools dan terus mengupdatenya. Tetapi perlu di ingat juga, bahwasanya malware tools berbeda dengan virus software, sehingga kamu perlu menginstal masing masing dari keduanya.

Layar Beku

  • Layar beku memang menjadi masalah yang cukup umum terjadi. Masalah ini umumnya akan membuat layar komputer menjadi beku dan tak dapat digunakan. Hal ini disebabkan oleh karena hardware yang bermasalah atau software.
  • Cara mengatasinya kalian dapat menggunakan windows task manager. Namun akan tetapi jika komputer masih juga tidak dapat merespon. Dan kalau memang sudah tidak dapat di digunakan walau sudah menggunakan berbagai cara, maka solusinya adalah dengan melakukan hard reset.

Komputer Tidak Mau Hidup

  • Jika Anda sering mengalami masalah ini, ada cara yang tepat untuk mengatasinya yaini dengan mengecek koneksi kabel pada bagian power outletnya pada tombol power di PC
  • Jangan lupa untuk mengecek stabilizernya berfungsi atau tidak
  • Cek juga kabel power di CPU
  • Dan kalau masih tidak mau hidup juga maka kemungkinan besar masalah terdapat pada power supply atau MB

Hard Drive Failure

  • Jika terjadi suatu kendala yang menyangkut hard drive yang tidak dapat terbaca. Secara umum masalah ini disebabkan usia hard drive yang sudah memang harus ganti. Dan kabar gembira bagi kalian yang sering mengalami masalah ini ialah, hard drive sangat mudah diganti. Tetapi konseksuensinya adalah, mau tak mau data Anda yang terdapat di dalam hard drive harus hilang semua.
  • Dan cara mengatasinya adalah dengan cara memback up data kalian dengan terus menerus. Disini kalian bisa melakukan ini secara regular dalam setiap minggu sekali atau setiap bulan. Tapi perlu diingat juga bahwasanya tidak ada yang tahu kapan hard drive kalian mati, jadi harus jangan lupa untuk terus membackup data kalian.

Jadi itulah beberapa masalah yang sering terjadi pada komputer yang dapat kalian tangani dengan beberapa cara ditas. Semoga dengan ulasan informasi diatas dapat memberikan manfaat untuk Anda yang kerap mengalami masalah pada komputer. Selamat mencoba, semoga berhasil prosesnya. 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.