Masalah Pada CPU yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

masalah pada CPU yang sering terjadi dan cara mengatasinya

Jadiberkah.com – CPU ibaratnya adalah otak dari komputer, karena merupakan bagian utama dalam mengatur segala aktivitas kerja komputer. Ketika terjadi masalah pada CPU yang sering terjadi dan cara mengatasinya tidak ditemukan, maka akan menghambat segala kinerja pada lainnya. Bahkan beberapa masalah tersebut akan membawanya ke tukang service komputer. 

Ada berbagai macam masalah pada CPU, namun jika mengerti cara mengatasinya tentu akan menguntungkan. Bukan hanya akan mengetahui ilmu baru, tentu akan lebih hemat biaya pengeluaran untuk service. Berikut ada penjelasan tentang masalah pada CPU yang sering terjadi dan cara mengatasinya

Masalah Pada CPU yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

Tidak akan rugi ketika mempelajari masalah pada CPU yang sering terjadi dan cara mengatasinya. Selain hemat biaya, juga ilmunya bisa berguna. Ada beberapa penjelasan tentang masalah CPU beserta cara menanggulanginya. 

Power Supply

Pada saat PC Anda di hidupkan, tetapi tidak ada tampilan maupun reaksi apapun baik lampu indikator dan lainnya, maka solusinya, Anda perlu memeriksa kabel yang terhubung dengan power supply guna menstabilkan aliran listrik yang masuk ke PC. Jangan lupa untuk memeriksa tombol di bagian belakang power supply ada dalam posisi on dan kalau tidak juga memberikan respons, maka gantilah kabel yang menghubungkan power supply dengan PC.

 Mobo ( motherboard)

Masalah ini umumnya akan akan menunjukan tidak ada tampilan di monitor, lampu indikator yang berkedip maupun panel depan yang menyala, processor berputar tetapi tidak ada suara beep dan kipas power supply. Dan untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang harus dilakukan yakni:

  • Lepaskan semua kabel power yang sudah terhubung ke CPU dan listrik
  • Lepaskan juga sekrup yang menutupi bagian casing dan buka lalu lepaskan komponen lainnya seperti kabel tegangan power supply ke mobo, HDD, Card contohnya VGA dan Floppy
  • Jangan lupa juga untuk memeriksa mobo, apakah mobo aman dan tidak ada yang terbakar. Kalau tidak, maka kemungkinannya kerusakan telah terjadi Karena adanya masalah pada BIOS

CPU Bunyi Beep 

Selanjutnya adalah masalah pada CPU yang mengeluarkan bunyi beep yang panjang maupun berkali-kali. Pada saat menyalakan, umumnya CPU akan mengeluarkan suara beep beberapa kali dan tidak ada tampilan di monitor padahal nyatanya monitor dalam keadaan yang normal. Hal ini pun bisa saja terjadi disebabkan karena kesalahan pada BIOS dan umumnya terdapat kesalahan di memory card yang sudah tidak terdeteksi atau bermasalah di VGA Card yang tidak baik  pada saat pemasangan. Penyebab lainnya juga bisa ditimbulkan karena kabel data monitor.

 CPU Hang dan Not Responding

Keempat CPU yang hang atau not responding biasanya sering terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor yang diantaranya : 

  • Terdeteksi virus
  • Masalah pada hardware seperti memori yang kotor dan rusak, mobo yang error atau kotor, coding fan yang tidak dapat berputar dengan semestinya dan supply yang tidak stabil.
  • Bad sector di HDD

Bluescreen

Selain itu, masalah ini juga sering membuat repot dan solusinya adalah, kalian harus mengecek system windows rusak atau tidak. Di CPUS sendiri, Anda harus memeriksa pada bagian memori maupun pada HDD atau bisa juga dari komponen pada CPU yang lainnya.

Demikian itu saja beberapa masalah pada CPU yang sering terjadi dan cara mengatasinya yang benar. Anggap saja sebagai langkah awal pertolongan guna mengurangi kendala pada CPU yang bermasalah. Sekian kami akhiri, semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali.  

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.