Cara Menghitung di MS Word Dengan Mudah Dan Cepat!

Cara Menghitung di MS Word 

Jadiberkah.com – Microsoft Word menjadi alat bantu untuk menulis melalui komputer. Sudah banyak orang yang menggunakannya, karena memang mudah dan praktis. Meski terbilang mudah, masih ada pengguna yang belum tau cara memaksimalkan sistem lain yang ada di Microsoft Word. Misalnya cara menghitung di MS Word yang mungkin masih banyak orang tidak tahu cara menggunakannya.

Cara yang bisa dilakukan untuk melakukan perhitungan melalui Microsoft Word terbilang mudah dan bisa diikuti oleh pemula sekalipun. Beberapa cara di bawah ini bisa Anda ikuti untuk membuat perhitungan menggunakan Microsoft Word. 

Cara Menghitung di MS Word 

Umumnya kemampuan dalam menghitung memang sangat dibutuhkan, terlebih untuk akademisi. Fitur rumus SUM atau penjumlahan pada Microsoft Word sangat membantu pengguna dalam mengerjakan data. Rumus ini bisa digunakan untuk memudahkan perhitungan penjumlahan tertentu pada tabel.  

Nah, untuk lebih jelasnya, disini kami akan membagikan sedikit cara menghitung angka di tabel pada Microsoft Word yang dapat kalian simak baik-baik caranya dengan contoh dibawah ini: 

  • Pertama-tama Anda harus membuat terlebih dahulu dan mengisi angka di tabel pada Microsoft Word. 
  • Selanjutnya Anda bisa menaruh kursor teks di bagian sel yang hendak diisi dengan nilai penjumlahan, seperti contohnya di sel kolom bagian paling kanan 
  • Lalu dilanjutkan dengan mengklik tab ribbon insert lalu klik tombol Quick Parts, dan pada daftar pilihan yang ada klik Field
  • Jika sudah sampai tahap ini, maka silahkan lanjutkan dengan dialog Field pilihan Formula dan klik tombol Formula 
  • Selanjutnya Anda bisa mengisi rumus yang hendak digunakan, contohnya kalian mengetik = SUM(Leeft) sebagai alat penjumlahan nilai atau angka dari semua sel yang terdapat di bagian kiri. Selain itu jangan lupa untuk mengatur format hasil penjumlahan jika dibutuhkan dan klik tombol OK
  • Setelah itu, lanjutkan dengan sebuah field formula ketika selesai dibuat dan lanjutkan kembali dengan sel selanjutnya. Atau bisa juga lakukan copy paste formula tersebut guna menjumlahkan baris ke dua, ketiga dan seterusnya. Dari hasil copy paste tersebut angka yang nantinya ditampilkan masih belum di update. Jadi upayakan untuk update terlebih dahulu satu per satu secara manual dengan mengklik di rumus tersebut dan pilih Update Field. 
  • Setelah semua langkah di atas selesai, maka selanjutnya Anda bisa melanjutkan tahap berikutnya dengan membuat sebuah rumus guna menghitung angka secara vertikal. Caranya juga mudah persis seperti langkah di atas hanya saja rumus = SUM(Leeft) diganti dengan = SUM(Above). Yang mana artinya akan menjumlahkan angka secara vertikal yang terdapat pada sebuah sel di bagian atasnya. 

Jadi, bagaimana apakah Microsoft Word sudah bisa jadi pilihan terbaik bagi Anda dalam menghitung? Selain Microsoft Excel memang aplikasi besutan Microsoft yang satu ini pun kini sudah dilengkapi dengan fitur terbarunya. Yakni dapat menghitung dengan mudah dan sederhana. Sehingga bagi Anda yang memiliki tugas pelajaran atau pekerjaan kantor dengan menggunakan word serta mengharuskan menghitung dengan rumus seperti diatas, maka Anda bisa gunakan cara-cara diatas agar dapat lebih cepat menyelesaikannya. 

Demikian sekiranya kami rasa ulasan di atas sudah cukup menjelaskan bahwasanya cara menghitung diatas sudah jelas dan dapat kalian langsung praktekan untuk menemukan hasil yang diinginkan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.