Cara Menggunakan Rumus Excel Vlookup

Rumus Excel Vlookup

Jadiberkah.com – Di era percepatan teknologi saat ini, menjadikan teknologi memiliki peran penting dalam membantu mempermudah proses pembelajaran dan pekerjaan. Salah satu teknologi yang paling banyak digunakan adalah Microsoft Excel dan rumus excel Vlookup. Tentu saja aplikasi ini sudah sangat familiar dalam penggunaannya, dan mungkin kebanyakan dari Anda sudah pernah menggunakannya. 

Meski begitu tidak semua orang bisa dengan mudah mengoperasikannya, karena itulah Excel memiliki rumus khusus untuk memudahkan pengguna ketika melakukan aktivitas mengelola data yang akan dikerjakan pada aplikasi ini. Rumus yang paling sering digunakan oleh pengguna Excel adalah “Vlookup”.

Seperti apa rumus Vlookup itu serta bagaimana cara menggunakan dan penulisan rumusnya yang benar? Yuk kita sama-sama simak penjelasan tentang Rumus Excel Vlookup di bawah.

Apa Itu Rumus Excel Vlookup?

Rumus Vlookup adalah salah satu rumus pada Microsoft Excel yang biasanya digunakan dalam pengambilan nilai di tabel sumber yang akan dijadikan sebagai referensi dalam tabel yang sedang dianalisa tersebut. Rumus Vlookup dianggap sebagai rumus fundamental atau dasar untuk bisa menguasai program dari aplikasi Excel, maka tidak heran rumus ini banyak sekali digunakan oleh pengguna.

Dengan menggunakan rumus excel Vlookup bisa jadi alternatif pada saat kita kesulitan dalam penggunaan fungsi IF dengan banyak kondisi dan kriteria.

Cara Penulisan Rumus Excel Vlookup

Syntax

Baca Lainya:  Yuk Kenalan Dengan Rumus Excel IF

=Vlookup

  • Vlookup = rumus Vlookup guna mengambil data dengan cara vertical
  • Lookup_value= ialah nilai dari hasil yang nantinya akan cocokan dengan nilai yang terdapat di table_array
  • Table_array= merupakan sumber yang akan di input datanya
  • Col_index_num= merupakan salah sebuah nomor kolom yang terdapat pada table_array
  • Range_lookup= salah sebuah metode pencarian di tabel sumber yang bernilai TRUE bisa Anda tulis dengan “ 1” atau FALSE yang bisa Anda tulis “0”

Penggunaan Rumus Vlookup

Pada ulasan di atas disana kita akan diminta untuk mengisi kolom gaji dan juga bonus dengan cara mengambil dari data di array sumber dengan memanfaatkan fungsi vlookup. Pada tabel diatas, kita juga bisa melihat analisa terlebih dahulu sebelum akhirnya menulis formula pada kolom gaji dan bonusnya. Adapun hal yang perlu kalian ketahui dari rumus ini antara lain:

  • Lookup Value: merupakan hal yang berada di bagian kiri di tabel array dan di kasus ini merupakan kolom golongan yang nilainya akan dicocokan.
  • Column Index Number: adalah sebuah cara yang dimulai pada kolom paling kiri ke kanan.
  • Range lookup: merupakan sebuah cara pencarian data, nilainya pun antara True dan False. Apabila kita menggunakan false maka artinya apabila data di table array tidak ditemukan atau tidak ada yang cocok maka nantinya akan ditampilkan error N/A, tetapi kalau kita disini menggunakan TRUE maka pada saat data tak ditemukan secara tidak langsung akan ditampilkan nilai terdekatnya.

Cara Memulai Rumus Vlookup

Ada empat bagian informasi yang dibutuhkan guna membangun sintaks Vlookup.

  1. Pertama kalian perlu mencari nilai yang diinginkan atau biasa disebut dengan nilai pencarian
  2. Kedua yaitu tentang tempat nilai untuk pencarian berada. Perlu di ingat teman-teman kalau nilai pencarian perlu berada di kolom pertama dengan rentang supaya Vlookup berfungsi dengan baik.
  3. Ke tiga yaitu nomor kolom yang ada di dalam rentang dengan isi nilai kembali.
  4. Terakhir yaitu, jika dilihat dari opsional, disini kita bisa menentukan TRUES apa bila inginkan hasil yang mendekati atau FALSE apabila ingin hasil yang serupa dari nilai kembali. Walaupun Anda tak menentukan apa saja, maka nilai default akan selalu jadi TRUE atau hasilnya yang mendekati.

Demikian ulasan mengenai rumus excel Vlookup, semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali!

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.