Penyakit Demam Berdarah

jadiberkah.com | Penyakit Demam Berdarah,Penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue Famili Flaviviridae, yang ditularkan melalui gigitan nyamuk ‘Aedes Aegypti’

Pada kasus yang jarang terjadi, demam dengue juga menyebabkan hidung dan gusi mengeluarkan darah yang jumlahnya sangat sedikit (berbeda dengan pendarahan yang terjadi pada hemorrhagic dengue fever yang mana volume darah yang dikeluarkan cukup banyak)

Baca Lainya:  Alamat dan Jadwal Praktek Dokter Spesialis di Rumah Sakit Fikri Medika Karawang

Virus dengue memerlukan masa inkubasi sama seperti virus lain pada umumnya. Masa inkubasi adalah jarak waktu antara virus pertama kali masuk ke tubuh sampai gejala mulai muncul. Pada demam dengue, gejala biasanya baru dirasakan setelah 4-10 hari sejak masuknya virus melalui gigitan nyamuk.

Sering kali kita sulit membedakan antara gejala demam dengue dengan sakit flu biasa, terlebih lagi jika kita belum pernah membaca informasi seputar gejalanya. Karena itu, alangkah baiknya kita langsung memeriksakan diri ke dokter apabila di keluarga kita ada yang mengalami gejala-gejala demam dengue seperti disebutkan di atas untuk mencegah kondisi memburuk.

Baca Lainya:  Jadwal praktek dokter spesialis dan alamat RS Dr Salamun

Beberapa dokter biasanya mampu mengenali demam dengue hanya dari gejala-gejala yang pasien rasakan, terlebih lagi jika mereka sudah sering menangani penyakit ini. Untuk memperkuat diagnosis, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan darah untuk mendeteksi keberadaan virus dengue di dalam tubuh. Karena banyaknya kondisi lain yang bisa menyebabkan gejala serupa dengan demam dengue, maka pemeriksaan darah penting untuk dilakukan.

Baca Lainya:  Manfaat Dan Khasiat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

sumber referensi: http://rskebonjati.com/berita-detail.php?berita-detail=24

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.