Ini penyebab virus corona

Jadiberkah.com | Penyebab Virus Corona,infeksi virus Corona atau COVID-19 disebabkan oleh coronavirus, yaitu suatu kelompok virus yang menginfeksi atau menyerang sistem pernapasan. Di sebagian besar kasus corona di sebabkan oleh infeksi pernapasan ringan sampai sedang, seperti flu dan batuk. Akan tetapi, virus ini juga bisa meyebabkan infeksi pernapasan berat, sepeeti pneumonia, Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome ( SARS).
Diawal kemunculan virus ini, ada dugaan bahwa virus Corona ditularkan dari hewan kemanusia. Namun dalam perkembangannya diketahui bahwa virus Corona juga menular dari manusia ke manusia
Seseorang bisa saja dapat tertular virus Corona melalui berbagai cara, yaitu:
Tidak sengaja menghirup percikan ludah dari bersin atau batuk penderita virus Corona
Memegang mulut atau hidung tanpa cuci tangan lebih dulu setelah menyentuh benda yang terkena cipratan air liur penderita virus Corona.
Melakukan kontak jarak sangat dekat dengan penderita


Corona, misalnya melakukan sentuhan atau berjabat tangan.
Jika sudah terinfeksi maka efek yang ditimbulkan akan sangat berbahaya apalagi bisa menjadi fatal bila terjadi pada orang lanjut usia, ibu hamil, orang yang sedang sakit, atau orang yabg daya tahan tububnya lemah.
Penderita akan melakukan rangkaian proses diagnosis yang dilakukan oleh dokter. Untuk menentukan apakah pasien benar-benar terinfeksi virus Corona, dokter akan enanyaksn gejala yang dialami pasien. Dokterpun juga akan bertanya apakah pasien pernah bepergian ke daerah yang memilikigejala atau wabah virus Corona sebelum gejala yang dialaminya muncul.

Baca Lainya:  Kenali gejala virus corona

Untuk memastikan diagnosis virus Corona yang selanjutnya disebut COVID-19, dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan seperti berikut:
Uji sampel darah
Tes usap tenggorokan untuk meneliti sampel dahak
Rontgen dada untuk mendeteksi infiltrat atau cairan paru-paru.
Jika sudah seperti itu, maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah pengobatan untuk virus Corona. Meski infeksi virus Corona atau COVID-19 sanpai saat ini belum bisa diobati, namun pihak petugas kesehatan mempunya langkah yang bisa diambil oleh masyarajat luas dalsm meredakan gejala virus Corona dan mencegah penyebaran virus tersebut. Yakni:
Merujuk penderita virus Corona untuk menjalani perawatan dan karantins dirumah sakit yang ditunjuk pemerintah untuk karantina penderita virus Corona Kalian harus memberikan obat pereda demam dan nyeri yang aman dan sesuai kondisi penderita tentu saja dengan reep dokter. Menganjurkan penderita virus Corona untuk mekakukan istirahat yang cukup

Baca Lainya:  Jadwal praktek dokter spesialis dan alamat rs hermina bekasi


Menganjurkan penderita untuk banyak meminum air putih untuk menjaga kadar cairan tubuh. Untuk orang yang tekah di duga terkena corona, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar virus Corona tidak menular ke orang lain, yaitu:
Jangan keluar rumah, kecuali untuk mendapatkan pengobatan.
Periksakan diri ke dokter hanya bila Anda mengalami gejala atau keluhan terkaitvirus tersebut.
Selain itu usahakan sang penderita untuk tinggal terpisah dari orang lain untuk sementara waktu. Bila tidak memungkinkan, gunakan kamar tidur dan kamar mandi yang berbeda dengan yang digunakan orang lain untuk mencegah penularan. Kita harus cegah orang lain untuk mengunjungi anda atau menjenguk Anda sampai Anda benar-benar sembuh dan di nyatakan terbebas dari virus tersebut.
Sebisa mungkin hindari dan jangan melakukan pertemuan dengan orang yang sedang sedang sakit atau terkena virus corona. Hindari penggunaan alat makan dan minum, alat mandi, serta perlengkapan tidur dengan orang lain yang dapat menyebabkan interaksi secara langsung. Pakailah pelindung yakni masker dan sarung tangan bila sedang berada di tempat umum atau sedang bersama orang lain, agar tidak menulari atau terjangkit dan menularkan virus tersebut. Gunakanlah tisu atau semacamnya untuk menutup mulut dan hidung bila batuk atau bersin, lalu segera buang tisu ke tempat sampah agar tidak menjadi sumber virus.

Baca Lainya:  Alamat Rumah Sakit Khusus THT Bedah P.Raharja

Kontributor: Muhamad yasin

Peringkat: 1 dari 5.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.