Cara Mudah Mendapatkan Sertifikat Vaksin Covid-19

sertifikat vaksin Covid-19

Jadiberkah.comCara untuk mendapatkan sertifikat dari vaksin Covid-19 sangat penting untuk diketahui, agar masyarakat bisa mencetaknya sendiri di kemudian hari tanpa harus melibatkan pihak ketiga. Kenapa demikian? Sebab nantinya sertifikat vaksin Covid-19 tersebut akan dijadikan sebagai syarat ketika dalam mengurus berkas atau layanan umum dari pemerintah.

Oleh sebab itu ada baiknya bagi yang belum melakukan vaksinasi, segera ke tempat pelayanan kesehatan untuk mendapatkan vaksin. Caranya juga mudah, tinggal membawa KTP (identitas diri) ke pelayanan kesehatan (puskesmas terdekat) aka dilayani vaksinasinya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikat Vaksin Covid-19

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kalau sertifikat hasil vaksin nanti sangat penting sekali. Apalagi untuk Anda yang mempunyai pekerjaan, yang mengharuskan Anda keluar kota atau negeri. Dengan adanya sertifikat tersebut bisa Anda jadikan alat untuk membuktikan kalau Anda sudah bebas dari ancaman Covid-19.

Lantas bagaimana cara untuk mendapatkan sertifikat vaksin Covid-19? Berikut ini adalah panduan bagi Anda untuk mendapatkan sertifikat vaksin Covd 19 tersebut melalui aplikasi atau website PeduliLindungi.id, diantaranya adalah :

Baca Lainya:  Kenali Segera Jenis Penyakit yang Tidak Boleh Di Vaksin Covid-19 Sebelum Mulai Suntik

1.      Masuk Website PeduliLindungi

Sebenarnya, secara teknis, nanti Anda akan mendapatkan SMS jika sudah menerima vaksin dan link untuk mengunduh sertifikatnya. Namun jika belum mendapatkannya, tunggu saja sekitar tiga harian. Jika selama waktu tersebut belum juga mendapatkan SMS, Anda bisa mengunjungi Pedulilindungi.id.

2.      Buat Akun Terlebih Dahulu

Ketika masuk pada halaman website tersebut, cari tombol “Login” atau “Register” yang terletak di bagian atas pojok kanan. Lalu klik tombol tersebut. Kemudian nanti akan muncul tulisan ‘buat akaun pedulilindungi’.

Jika sudah klik tombol tersebut, kemudian Anda harus mengisi nama yang lengkap dan juga nomor telepon yang aktif. Baca dulu apakah sudah benar dan sesuai, jika sudah baru tekan ‘Buat akun’. Nanti akan ada kode verifikasi yang akan masuk ke nomor telepon yang sudah didaftarkan tadi.

Jika sudah masuk kode verifikasinya, lalu masukkan segera enam digit kode angka verifikasi tadi. Secara otomatis Anda sudah berhasil dan langsung bisa mengakses aplikasi pedulilindungi.id.

Baca Lainya:  Catat Baik-Baik! Inilah 3 Syarat Yang Boleh Vaksin Covid-19

3.      Masuk Pada Dashboard

Ketika sudah masuk pada dashboard, cari nama Anda pada menu di atas bagian pojok kanan. Klik pada pilih ‘sertifikat vaksin’. Nah, nanti akan muncul sertifikat yang sudah didapat, yaitu vaksin pertama dan juga vaksin yang kedua. Tergantung sudah melakukan vaksinasi yang ke berapa.

Klik pada bagian gambar sertifikatnya, kemudian tekan ‘unduh sertifikat’. Nantinya akan tersimpan di smartphone atau perangkat Anda.

 

Bagaimana, cukup mudah untuk mendapatkan sertifikat vaksinasi yang bisa Anda unduh langsung dari aplikasi PeduliLindingi.id? Semoga rangkaian informasi yang sudah kami rangkum diatas bisa bermanfaat. Karena bagaimana juga sebagai masyarakat yang awam Anda harus tahu dengan cara untuk mendapatkan sertifikat vaksin Covid-19. Serifikat bisa Anda dapatkan dengan mudah, bahkan tidak harus repot menunggu bantuan orang ketiga. Dengan mengantongin sertifakat vaksin Covid-19, Anda juga akan lebih mudah melakukan perjalanan jika naik transportasi umum sebagai ganti dari serentetan tes yang sebelumnya harus dijalani.

Yuk lindungi keluarga dari ancaman Corona virus, dan lakukan suntik vaksin segera. Meskipun ada kemungkinan masih akan terkena paparan, setidaknya efek dari ancaman virus korona tidak akan terlalu berat Anda rasakan. Jadi, tunggu apalagi? Segera daftarkan diri Anda ke lokasi-lokasi vaksinasi terdekat atau daftar secara online, kemudian dapatkan sertifikat vaksin Covid-19 dengan segera. Agar Anda dapat melakukan berbagai aktivitas tanpa harus khawatir lagi. Semoga bermanfaat!

Baca Lainya:  Alamat dan Jadwal Praktek Dokter Spesialis Rumah Sakit Jakarta

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.