Apakah Vaksin Covid-19 Ampuh Dalam Melindungi Kita Dalam Jangka Panjang?

Apakah Vaksin Covid19 Ampuh Dalam Melindungi Kita Dalam Jangka Panjang?

Jadiberkah.com – Proses vaksinasi Covid19 yang sedang berlangsung di seluruh negara ini, khususnya di Pulau Jawa dan Bali yang memiliki angka penularan paling banya. Tujuan dengan diadakannya program ini sudah pasti untuk membantu masyarakat untuk keluar dari penularan virus Corona. Dengan kata lain, tujuan utamanya adalah untuk membentuk kekebalan seseorang dalam melawan infeksi virus Covid-19. Namun apakah vaksin Covid-19 ampuh dalam melindungi kita dalam jangka panjang?

Tentunya untuk hal yang satu ini perlu dikaji ulang dan diperlukannya riset yang panjang untuk memperoleh hasil yang valid. Baik waktu terkait dari efektivitas vaksin dan juga keampuhanya. Sudah pasti semua programnya berada di bawah lisensi yang terpercaya dan dilakukan oleh orang yang memiliki keahlian dan kompeten di bidangnya. Agar pada saat ada pertanyaan apakah vaksin Covid-19 ampuh dalam melindungi kita dalam jangka panjang? Jawabannya dapat diberikan dengan fakta yang relevan. Seperti beberapa fakta yang ada dibawah ini. Yuk simak!

Fakta Apakah Vaksin Covid19 Ampuh Dalam Melindungi Kita Dalam Jangka Panjang

Banyak sekali berita seputar vaksin Covid19 ini. Itulah kita harus bijak dalam menyikapinya. Ada baiknya ketika menerima berita disaring terlebih dahulu kebenarannya. Berikut adalah beberapa fakta apakah vaksin Covid-19 ampuh dalam melindungi kita dalam jangka panjang?

Baca Lainya:  Cegah virus Corona dengan hal sepele yang sering anda abaikan

1.      Diperlukan Penelitian Lanjutan

Untuk mengetahui rentang waktu periode untuk jangka panjang terhadap perlindungan yang diberikan oleh vaksin Covid-19 ini. Satu buah vaksin akan dilakukan penelitian yang panjang sebelum akhirnya dibuat lebih banyak lagi. Dengan mengadakan penelitian dan tes uji dalam jangka waktu yang lumayan panjang sampai ditemukan hasil yang sesuai dan pas dengan kondisi yang ada pada saat ini, maka para peneliti berani untuk menunjukkan kepada pemerintah hasil yang didapatkan.

Kalau pemerintah sudah melihat sendiri dan memastikan dengan baik, maka pemberian vaksin kepada masyarakat dapat dijalankan dengan penuh tanggung jawab. Karena bagaimana juga pemberian vaksin ini tidak boleh diberikan dengan asal, virus yang sudah diteliti dengan baik akan masuk ke dalam tubuh manusia. Kalau sampai terjadi efek yang tidak diinginkan bahkan sampai dengan kematian, pemerintah atau aparat yang bertanggung jawab dengan program ini tidak bisa lepas tangan begitu saja.

Baca Lainya:  Jadwal Praktek Dokter Spesialis Rs Pelabuhan

Intinya, masyarakat tidak perlu lagi khawatir dengan kandungan dan dosis yang ada pada vaksin Covid-19. Sebaliknya, pemerintah dan jajarannya berharap kalau masyarakat mau dan sadar untuk berpartisipasi menggalakkan program yang tengah digalakkan pemerintah.

2.      Terbukti Memiliki Efektivitas

Meskipun diperlukan penelitian lebih lanjut, namun vaksin Covid-19 ini mempunyai efektifitas yang ampuh. Dilihat dari hasil data ketika dilakukan uji klinis, ternyata vaksin Covid-19 ini terbukti sudah aman. Selain aman, vaksin Covid-19 juga sudah terbukti dapat menimbulkan kekebalan atau antibodi terhadap virus Covid-19.

Untuk pemberiannya juga tidak serta merta langsung sekali, karena harus diberikan dosis lanjutan. Oleh  karena untuk menemukan vaksin dengan efektivitas dan dan keamanan untuk jangka panjang belum ditemukan, maka tetap melakukan upaya pencegahan lainnya.

Upaya pencegahan tersebut yaitu disiplin dalam penerapan cuci tangan dengan sabun. Senantiasa memakai masker dengan cara yang benar. Jangan lupa untuk menjauhi berkerumun dan juga menjaga jarak saat berada di luar.

Baca Lainya:  Alamat Rumah Sakit Ibu dan Anak Evasari

Jadi apakah vaksin Covid-19 ampuh dalam melindungi kita dalam jangka panjang? Jawabannya adalah masih diperlukan riset lebih dalam lagi. Namun setidaknya langkah pemberian vaksin Covid-19 ini membantu tubuh membentuk kekebalan agar terhindar dari infeksi berat dari serangan virus Covid-19. Jadi vaksin Covid-19 ini bukanlah obat, oleh karenanya masyarakat tetap harus menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.