Amankah Diet Rendah Karbo Tinggi Protein?

jadiberkah.com | Amankah Diet Rendah Karbo Tinggi Protein..?,Memiliki badan ideal merupakan dambaan setiap orang. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan badan ideal, satu diantaranya adalah melakukan program diet.

Banyak program diet yang bisa dipilih, satu diantaranya yang sedang tenar di masyarakat adalah diet tinggi protein dan mengindari karbo serta gula. Makanan yang mengandung karbo seperti nasi, kentang dan ubi pantang untuk dikonsumsi.

Sebagai gantinya, tubuh disuplai dengan protein serta lemak dalam jumlah banyak. Karena lemak tersebut yang akan menggantikan unsur karbo dalam tubuh sehingga lemak tidak tertimbun.

Lalu apakah diet seperti boleh dilakukan?

Menurut Nila Puspita Sari yang merupakan Ahli Gizi di RS Hermina Banyumanik, menerangkan bahwa diet seperti ini tidak bagus jika dilakukan dalam jangka panjang.”Iya diet semacam itu memang sedang tren akhir-akhir ini, konsumsi rendah karbohidrat tapi tinggi lemak”, ini biasanya tujuannya untuk menurunkan berat badan. Tapi diet ini tidak dianjurkan untuk jangka waktu yang lama.

Jika dilakukan dalam jangka panjang, diet ini bisa membuat gula darah turun atau hipoglikemia. Sehingga otak tidak bisa berfungsi dengan baik dan badan mengalami lelah, pusing serta gejala lain.”Selain penurunan gula, diet ini juga membuat kadar keton dalam tubuh tinggi akibatnya kerja hati dan ginjal semakin berat”.

Diet rendah karbo tinggi lemak protein ini biasanya digunakan untuk mengontrol gula darah pada penderita Diabetes Mellitus tapi dengan pengawasan dokter.

Jadi untuk orang sehat tapi ingin sehat, dianjurkan untuk melakukan diet dengan benar.

Nila Puspita Sari, Amg

Ahli Gizi RS Hermina Banyumanik

Hermina Hospitals :
Mobile Apps : PT Medikaloka Hermina Tbk (Tersedia untuk iOS dan Android)
Sumber referensi: www.herminahospitals.com

Tinggalkan Balasan