7 Makanan yang menyehatkan jantung

Kesehatan | Memang mencegah itu lebih baik daripada mengobati,begitupun halnya kita membiasakan makan makanan yang sehat tentu itu salah satu bagian dari mencegah kita terhindar dari berbagai macam penyakit khusunya penyakit jantung,penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang terbilang cukup ganas karena penyakit jantung` bisa menyerang siapa saja dan bisa secara spontan penyakit jantung bisa berakibat fatal yaitu kematian.Mari kita bersama kita biasakan hidup sehat molai dari hal kecil dan suatu kebiasaan hidup kita yaitu mengatur dari pola makan kita,makanlah mkanan yang sehat dan menyehatkan jantung kita ,berikut makanan yang dapat menyehatkan jantung diantaranya:

  • Kacang
    Mengkonsumsi makanan kacang kacangan adalah salah satu makanan yang sehat untuk kesehatan jantung,Perbanyak makan kacang, misalnya kacang merah,. Selain kaya akan fitonutrien yang baik untuk jantung, kacang-kacangan juga kaya akan kandungan serat dan air yang membuat Anda cepat kenyang. Hal ini dapat mencegah Anda mengonsumsi lebih banyak kalori. Di samping itu, kacang-kacangan juga kaya antioksidan yang berperan mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas sebagai penyebab kanker, penyakit Parkinson, dan Alzheimer.
  • Biji-bijian utuh
    buah biji-bijian utuh seperti gandum, beras merah, atau jagung sebagai sumber utama karbohidrat, dapat menurunkan risiko terkena berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, beberapa jenis kanker, dan obesitas. Hal ini karena biji-bijian tersebut mengandung protein, serat, antioksidan, vitamin B, dan mineral. Mineral yang dimaksud adalah zat besi, zinc, dan magnesium.
  • Apel
    dengan makan apel 1-2 per hari diyakini dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Apel efektif mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh dan membantu mengatur gula darah. Hal ini karena selain mengandung fitonutrien, apel juga mengandung senyawa lain yang baik untuk jantung, yaitu epicatechin. Zat ini adalah senyawa yang kaya akan antioksidan dan dapat membantu mengurangi tekanan darah.
  • Bawang putih
    Bawang putih memang dikenal mempunyai banyak manfaat di antaranya salah satunya yaitu untuk kesehatan jantung,Bawang putih diketahui tidak memengaruhi tekanan darah, sehingga dapat sering dikonsumsi. Bawang putih juga dapat menggantikan garam untuk menambah rasa gurih pada makanan. Hal ini baik untuk kesehatan jantung, karena makin banyak konsumsi garam akan makin tinggi risiko terkena tekanan darah tinggi, yang dapat memicu penyakit jantung dan stroke.
  • Anggur
    Buah anggur juga termasuk buah yang mempunyai manfaat untuk kesehatan jantung,Manfaat anggur diduga berpotensi mencegah penyakit jantung dan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Ini karena buah anggur mengandung serat dan flavonoid yang baik untuk mencegah kerusakan jantung.
  • Buah beri
    buah beri juga termasuk buah yang mempunyai manfaat untuk kesehatan jantung,seperti bluberi, stroberi, rasberi, dan blackberry dapat dijadikan camilan sehat. Buah beri yang kaya akan serat dan antioksidan diduga mampu mengurangi peluang terjadinya serangan jantung. Selain itu, rasa manis dalam buah beri tidak memicu diabetes. Meski demikian, penelitian mengenai efek buah beri dalam melindungi kesehatan jantung masih perlu dikaji lebih lanjut.
  • Teh Hijau
    Teh hijau juga termasuk buah yang mempunyai manfaat untuk kesehatan jantung,banyak orang yang kurang begitu tahu tentang manfaat teh hijau,Berdasarkan hasil penelitian, mereka yang meminum lebih dari lima cangkir teh hijau dalam sehari memiliki risiko sekitar 25 persen lebih rendah mengalami kematian akibat serangan jantung dan stroke. Namun, berhati-hatilah dalam mengonsumsi teh hijau. Minum lebih dari lima cangkir teh hijau tiap hari dapat meningkatkan risiko terkena penyakit batu ginjal. Oleh karena itu, jika mengonsumsi banyak teh hijau, perbanyak juga konsumsi air putih agar terhindar dari dehidrasi dan agar sistem kemih tetap lancar.
Baca Lainya:  Jenis obat tradisional penyakit maag yang terbilang manjur

Semoga bermanfaat dan semoga kita semua selalu diberi kesehatan amin amin yar obal alamin,

 

karyono

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.