5 Manfaat Daun Mengkudu Bagi Tubuh Yang Harus Anda Ketahui

Info | 5 Manfaat Daun Mengkudu Bagi Tubuh Yang Harus Anda Ketahui

Mungkin sebagian besar orang tidak asing lagi mendengar mengkudu atau pace orang jawa menyebutnya,biasanya mengkudu atau pace digunakan untuk campuran pembuatan rujak,memang mengkudu atau pace yang sudah mateng mempunyai aroma yang kurang meng enakan dan tapi khasiatnya memang luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Mengkudu adalah salah satu tanaman yang sudah tidak asing lagi bagi semua orang. Kebanyakan orang tidak menyukai buah yang satu ini karena rasa dan aromanya yang tidak enak. Namun tahukah Anda dibalik rasanya yang kurang lezat, ternyata buah mengkudu menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Masyarakat zaman dulu menggunakan buah dan daun mengkudu sebagai obat tradisional untuk mengobati penyakit tertentu. Mengkudu mengandung fitonutrien sebagai anti bakteri, anti inflamasi dan antiv virus yang berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Lainya:  7 manfaat dan khasiat sayur buncis

Disamping itu buah mengkudu juga memiliki efek analgesic sehingga mencegah berbagai macam penyakit berbahaya seperti kanker. Selain buahnya yang bisa dijadikan obat, ternyata bagian daun mengkudu juga dipercaya memiliki khasiat yang sama. Daun mengkudu memiliki kandungan antioksidan dalam jumlah yang sangat tinggi. Selain itu, daun mengkudu juga mengandung enzim, vitamin A, selenium dan nutrisi lainnya.

Berikut 5 Manfaat Daun Mengkudu Yang Harus Anda Ketahui
Daun mengkudu bisa Anda konsumsi sebagai obat dengan cara dibuat teh. Caranya sangat mudah dan sederhana yaitu daun mengkudu di keringkan dan di potong kecil-kecil kemudian disajikan dengan cara diseduh air hangat. Simak manfaat daun mengkudu untuk kesehatan berikut ini:

1. Anti kanker
Manfaat daun mengkudu bagi tubuh yang pertama yaitu sebagai anti kanker. Seperti yang kita ketahui bahwa kanker adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh dan bahkan pada kondisi yang lebih buruk bisa mengakibatkan kematian. Daun mengkudu mengandung senyawa antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Untuk mendapatkan hasil yang optimal sebaiknya Anda mengkonsumsi teh mengkudu secara rutin dan teratur.

Baca Lainya:  Khasiat dan Manfaat Sirih Cina/Tumpang Air Untuk Kesehatan

2. Memperlancar sirkulasi darah
Kandungan fitonutrien seperti scopoletin yang terdapat pada daun mengkudu berguna untuk mengatasi pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Dengan mengkonsumsi teh daun mengkudu secara rutin maka akan membantu kinerja jantung sehingga tidak perlu bekerja terlalu keras.

3. Menjaga kesehatan kulit
Daun mengkudu mengandung antioksidan dan selenium yang bermanfaat untuk menjaga elastisitas dan kesehatan kulit. Antioksidan berperan penting dalam melawan radikal bebas yang bisa mengakibatkan kerusakan pada kulit. Mengkonsumsi teh daun mengkudu secara rutin bisa menekan resiko penuaan dini.

Baca Lainya:  Alamat dan Jadwal Praktek Dokter Spesialis RSUP Fatmawati

4. Anti inflamasi
Daun mengkudu memiliki senyawa anti inflamasi yang berperan penting dalam mencegah terjadinya peradangan dan resiko serangan jantung. Selain itu daun mengkudu juga berkhasiat dalam meminimalisir tekanan darah tinggi dan kencing manis.

5. Membantu sistem pencernaan
Menurut sebuah riset bahwa mengkonsumsi air rebusan daun mengkudu secara rutin bisa membantu memperlancar saluran pencernaan. Hal ini karena kandungan senyawa pada daun mengkudu akan menstimulasi serotonin dari dalam otak. Serotonin berperan penting dalam mengatur laju makanan di dalam usus dan mengatur sistem pencernaan.

Nah, demikian manfaat daun mengkudu bagi tubuh secara umum. Mengkonsumsi teh ekstrak daun mengkudu harus dilakukan secara teratur dan jangan berlebihan.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.