Kelebihan dan Kekurangan Belajar Psikotes Gambar, Perlukah Dipelajari?

Jadiberkah.com – Tes psikotes menggambar merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari beberapa tahap proses penerimaan tenaga kerja. Baik untuk penerimaan TNI, pegawai negeri sipil atau PNS, maupun penerimaan karyawan di perusahaan. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan belajar psikotes gambar ini. Setidaknya saat diminta menggambar, sudah ada gambaran apa yang akan dilakukan.

Psikotes berupa menggambar orang ini secara tidak langsung akan menunjukkan bagaimana kepribadian pelamar kerja tersebut. Jadi pihak panitia dapat menilai dengan cepat, apakah orang yang bersangkutan dapat diterima bekerja atau tidak. Jika kepribadiannya sesuai dengan visi dan misi perusahaan, maka langkah selamatkan lebih mudah. Begitu juga sebaliknya.

Rupanya Ini Kelebihan dan Kekurangan Belajar Psikotes Gambar

Mempelajari terlebih dulu psikotes yang biasa diberikan saat proses penerimaan bekerja, tidak ada salahnya. Bahkan ini dapat mempermudah ketika benar-benar menghadapi tahapan psikotes tersebut. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan dari belajar psikotes gambar? Simak penjelasan lebih lanjut berikut ini.t

Kelebihan Belajar Psikotes Gambar

Mempelajari psikotes berupa menggambar akan membuat peserta lebih siap dengan permintaan pihak panitia sebelumnya. Saat tahapan psikotes nanti, Anda akan diminta untuk menggambar beberapa objek. Dari gambar tersebut, akan diketahui seperti apa kepribadian Anda dan apakah cocok untuk bekerja sama dengan perusahaan nantinya.

Saat diminta untuk menggambar pohon, lebih baik menggambar dari bagian tengah kertas. Ini menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang seimbang. Dapat menyesuaikan kehidupan pribadi serta pekerjaan, sesuai dengan kewajiban yang diemban. Selain hal itu, gambar dengan bentuk proporsional, akan meningkatkan peluang untuk memperoleh keinginan.

Sebaiknya gambar pohon maupun orang, dengan ukuran yang tepat. Jadi bagian kaki maupun tangan tidak lebih besar dari ukuran tubuh. Bila ada yang lebih besar, pihak perekrut kerja bisa jadi menilai Anda sebagai orang yang dominan. Orang dominan cenderung sulit untuk diajak bekerjasama dengan baik.

Kekurangan Belajar Psikotes Gambar

Mempelajari psikotes gambar terlebih dulu sebelum mengikuti seleksi, bisa juga memberikan kerugian pada Anda. Gambar yang telah dilatih, umumnya akan nampak lebih kaku dibanding gambar spontan. Sehingga panitia yang mewakili perusahaan dapat mengetahui bahwa Anda telah melatihnya terlebih dulu. Nilai pada seleksi tersebut bisa dikurangi karena Anda dianggap telah mempersiapkan gambar terlebih dulu.

Kekurangan yang lain adalah bila Anda sudah bersusah payah berlatih menggambar sebuah objek untuk mengikuti seleksi. Namun ternyata gambar yang diminta ternyata berbeda dengan latihan selama ini. Dalam kondisi demikian, mau tidak mau harus mengandalkan kemampuan sendiri untuk memberikan yang terbaik.

Demikian kelebihan dan kekurangan belajar psikotes gambar. Setidaknya Anda sudah dapat memiliki gambaran awal seperti apa proses seleksi penerimaan kerja nantinya. Selain melalui tes lisan dan tes tertulis. Ada juga tes tambahan berupa tes psikotes. 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.