Kandang Ternak Bebek Khusus Untuk Petelur

Jadiberkah.com Sebagai pelaku bisnis budidaya ternak bebek petelur tentunya ada hal yang harus  diketahui yakni modal awal ternak bebek petelur. Pasalnya hal ini merupakan suatu bagian penting guna mengetahui keuntungan bahkan kerugian pada saat beternak. Modal awal sendiri meliputi jumlah ternak yang akan dipelihara, harga pakan, masa pemeliharaan, kandang dan lain sebagainya. Dalam beternak sendiri, modal yang terbilang cukup besar dalam mengeluarkan budget adalah “Kandang”. Semakin baik jenis kandang yang bebek petelur, maka akan semakin besar juga modalnya.

Ducks geese poultry in the farm

Nah, buat Anda yang ingin membuat Kandang Ternak Bebek Petelur tapi masih bingung seperti apa desain yang tepat. Maka dalam kesempatan ini kami akan membagikan sedikit ulasan dalam membuat kandang bebek petelur yang sekiranya kalian bisa gunakan.

Tipe Kandang Ternak Bebek Petelur

Kandang Box (Kandang DOD Fase Starter)

Untuk kandang box bibit bebek berusia 1- 21 hari bisa ditempatkan pada kandang dengan bentuk box. Kandang jenis ini dibuat dengan bahan bambu yang dilengkapi lantai kawat kasa atau anyaman bambu dengan jarak anyaman 1- 1,5 cm dengan jarak yang tidak begitu luas ini berfungsi guna kotoran itik agar langsung jatuh kebawah dan tidak membuat kaki bebek kotor atau terperosok. Untuk kandang jenis ini tak perlu ditambahkan tempat makan, cukup menebar pakan di bagian kandang. Sebelum menebar pakan ad biaknya alas di kandang dilapisi dengan kain atau karung agar pakan tidak jatuh kebawah.

Baca Lainya:  3 Daftar Barang Toko Bangunan Paling Dicari

Kandang Bebek Ren

Kandang Ren adalah tipe kandang yang memiliki tempat beratap dan juga sebagian dari tempat terbuat dari tempat yang tidak beratap di bentuk bangunannya dan kandang ini hanya dikelilingi oleh pagar. Untuk bentuknya pun sangat cocok untuk bebek dewasa. Dan pada bagian dalam yang beratap kandang umumnya akan disekat-sekat yang berfungsi sebagai pembagian bebek berdasarkan kelompok usia. Dibagian kandang yang ditutup oleh atap dipakai untuk tidur dan bertelur, untuk lantai kandang perlu diberi alas seperti sekam atau jerami maupun bahan empuk lainnya.

Kandang Koloni

Untuk jenis kandang postal secara keseluruhannya tertutup rapat tidak terdapat ruang terbuka yang bisa digunakan bebek untuk bermain. Tidak hanya itu saja, kandang ini juga dibuat dengan sekat-sekat yang mana fungsi sekat ini untuk ditempati oleh bebek di usia yang bergaram. Lantai pada kandang inipun terbuat dari material semen, litter, bilah bambu atau kayu. Kandang bebek petelur intensif sini pun dapat  kalian terapkan dengan menggunakan kandang sistem kandang postal. Kandang inipun tergolong sebagai kandang bebek petelur sederhana yang dapat diterapkan bagi para peternak pemula. Kandang bebek petelur yang tertutup di kandang postal ini pun sangat efektif guna memelihara bebek pedaging dengan intensif.

Baca Lainya:  Mau Tahu Cara Menentukan Biaya Les Privat?

Kandang Bebek Petelur Panggung

Kandang bebek petelur tipe panggung, memang tergolong cukup baik untuk budidaya ternak bebek petelur. Pasalnya kandang ini lebih cenderung tetap terlindungi dengan kering sehingga resiko terpapar penyakit sangat minim. Tetapi, di samping itu kandang ini juga memiliki kelemahan yakni ternak bebek kekurangan mineral yang pada umumnya didapat dari tanah. Dengan begitu, Anda sebagai pelaku usaha harus rutin membersihkan kotoran yang menempel di lantai kandang panggung.

Baca Lainya:  Bagaimana Cara Agar Cepat Diterima Kerja? Ini 3 Strateginya!

Nah, jadi itulah beberapa  tipe jenis kandang ternak bebek yang bisa di gunakan oleh kalian ketika ingin beternak bebek petelur. Beberapa kandang di atas juga memiliki fungsi yang sangat menguntungkan untuk para peternak. Jadi, bisa kalian pilih salah satu diantaranya yang sesuai dengan budget dan juga kebutuhan ternak.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.