Tips Sukses lolos seleksi wawancara penerimaan karyawan

Jadiberkah.com | Asalamualaikum salam sejahtera bagi kita semua,gimana kabar teman teman semoga semuanya diberi kesehatan,amin.ok teman teman kali ini saya akan berbagi tips wawancara penerimaan calon karyawan  yang di kutip dari jhon afifi berikut ini.berikut tips wawancara penerimaan calon karyawan  yang anda bisa lakukan :

  1. Menyiapkan jawaban atas pertanyaan yang umum di ajukan,sebelum anda mengikuti tes wawancara saat seleksi karyawan sebaiknya anda untuk menyiapkan jawaban jawan yang biasa di ajukan saat proses test interview dalam melamar pekerjaan.dalam hal ini sangat ditekankan kare3na guna menghindari kemungkinan anda tidak bisa menjawab pertanyaan dengan baik yang di ajukan oleh pewawancara.berikut adalah contoh pertanyaan yang umum di ajukan saat proses seleksi wawancara dalam melamar pekerjaan:
    1. Ceritakan tentang diri anda,untuk jenis pertanyaan ini  jawaban yang perlu disampaikan adalah karier sebelumnya bekerja.prestasi yang diraih,hobi dan aktifitas terakhir yang anda jalani.
    2. Mengapa anda berhenti bekerja dari pekerjaan sebelumnya..?,untuk jenis pertanyaan seperti ini jawablah dengan positif,misal cntoh anda dapat menjawab mencari pekerjaan yang lebih baik dari pekerjaan yang sebelumnya.
    3. Berapa gaji yang anda inginkan..?,untuk jenis pertanyaan ini jawablah sambil tersenyum dengan menanyakan kembali kisaran besaran gaji untuk posisi yang dilamar.putuskan nominal besaran gaji yang sesuai diharapkan dengan memperhatikan kisaran gaji yang berlaku di perusahaan tersebut.
  2. Pakaian rapi dan sopan,anda harus kenakan pakaian yang rapi dan sopan.standar kerapihan dan kesopanan dalam berpakaian pada pria adalah menggunakan pakaian lengan panjang dengan warna yang cerah dan celana kain dengan warna hitam atau krem.sementara untuk standar pakaian untuk wanita adalah blazer untuk kerja berwarna hitam dan ditutupi dengan baju  lengan panjang dan berwarna cerah serta celana kain berwarna hitam.untuk wanita tidak boleh menggunakan make up terlalu tebal karena mempunyai nilai psikologis yang kurang baik.
  3. Datang 15 menit lebih awal,di hari wawancara anda harus datang 15 menit lebih awal dari waktu yang telah ditentukan.hal ini sangat dia njurkan guna untuk menata mental agar lebih rilexs serta mengatur rasa percaya diri saat wawancara dimulai.dan yang lebih penting lagi anda tidak datang terpogoh pogoh sehingga menyebabkan anda berkeringat dan gugup saat menjawab pertanyaan wawancara.
  4. Tampil smart,ramah dan percaya diri.sebelum anda memasuki ruangan.sebelum anda memasuki ruangan wawancara sebaiknya ketuk pintu dan ucapkan salam formal.ulurkan tangan anda kepada pewawancara sebelum duduk untuk berjabat tangan dan sambil mengenalkan diri dengan sapaan hangat,tampil samart,ramah dan percaya diri seperti ini sangat penting guna pewawancara mendapat kesan positif bahwa anda bisa menjadi salah seorang yang layak diterima di perusahaaannya.

Semoga bermanfaat dan apa yang kita lakukan bermanfaat untuk kita semua,amin

Sumber referensi: John afifi/dicetak:laksana/2018/isbn:978-602-407-302-2

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.