Tips dan trik sukses wawancara CPNS

Jadiberkah.com | Asalamualaikum wr wb,salam sejahtera bagi kita semua.Bukan hanya seleksi  karyawan saja yang ada sesi wawancara saat seleksi penerimaan karyawan,tetapi juga berlaku untuk calon pegawai negri sipil (CPNS).bahkan menurut berbagai sumber  yang dapat dipercaya wawancara pada seleksi CPNS ini jauh lebih “MENGERIKAN” daripada wawancara seleksi pada karyawan.buat teman temanku semua jangan khawatir karena saya akan berbagi tips dan trik wawancara pada seleksi CPNS.

1) Tips wawancara pengangkatan CPNS

Berikut adalah tips buat anda praktekan saat wawancara seleksi penerimaan CPNS:

A. Persiapkan kesehatan dan penampilan,pada saat hendak akan mengikuti seleksi CPNS alangkah baiknya anda mempersiapkan kesehatan dan penampilan agar tubuh kelihatan segar saat akan mengikuti seleksi wawancara ini.hal yang perlu di ingat adalah jangan sampai sia siakan kesempatan emas karena masalah kesehatan dan penampilan,misal saat wawancara anda kelihatan kurang sehat misal Flu atau tidak semangat.

B. Siapkan kondisi psikis,anda juga harus mempersiapkan kondisi psikis agar anda bisa santai tidak spaneng atau stres saat wawancara berlangsung sebab dengan kondisi psikis yang baik anda akan bisa menjawab pertanyaan wawancara dengan baik dan anda benar benar sudah siap untuk mengikuti wawancara seleksi CPNS ini.

C. Siapkan dokumen pendukung,saat anda mengikuti wawancara pengangkatan CPNS biasanya anda disuruh menunjukan ijazah yang asli atau transkip nilai dan sertifkat pendukung lainya.sebaiknya nada siapkan dokumen tersebut pada jauh jauh hari agar tidak lupa saat wawancara berlangsung karena ketinggalan.

D. Tampil meyakinkan dan percaya diri,sebelum masuk ke ruangan wawancara sebaiknya anda ketuk pintu dan ucapkan salam formal,dan berjabat tangan dan tunjukan bahwa diri anda percaya diri dan sesekali tersenyum.

E. Semangat saat wawancara berlangsung,anda harus bisa menunjukan semangat kepada pewawancara,misal melakukan kontak mata dengan tatapan wajar,berbicara dengan keras dan meyakinkan dengan ekspresi tangan,dan yang terpenting anda bisa menunjukan semangat saat wawancara berlangsung.

F. Simak pertanyaan dengan seksama,saat wawancara berlangsung anda harus benar benar menyimak setiap pertanyaan yang diberikan dari pewawancara,jangan sampai pewawancara mengulang pertanyaan dan akan mengurangi nilai anda dalam seleksi wawancara pengangkatan CPNS ini.

G. Aktif menjawab pertanyaan,ketika anda mendapatkan pertanyaan sebaiknya anda bisa menjawab secara aktif dan lugas setiap pertanyaan yang di ajukan oleh pewawancara,ingat sebaiknya anda menjawab dengan keras dan tegas dan gunakan kalimat yang tepat dan efektif.

2) Trik wawancara pengangkatan CPNS

a) Siapkan jawaban dari pertanyaan standar,sebaiknya anda jauh jauh hari untuk mempersiapkan jawaban jawaban dari pertanyaan yang biasa di ajukan saat wawancara seleksi CPNS.diantaranya pertanyaan pertanyaan sebagai berikut:

A. Apa latar belakang anda mengikuti tes  CPNS ini..?,untuk jenis pertanyaan ini anda bisa menjawab dengan mengemukakan jawaban alasan anda mengikuti tes  CPNS sekiranya sesuai dengan jurusan kuliah atau ingin mengabdi pada negara.

B. Mengapa anda memilih posisi atau jabatan ini..?,pertanyaan ini anda bisa menjawab karena sesuai dengan jurusan anda kuliah.

C. Apabila anda diterima,apa yang anda berikan kepada lembaga pemerintah..?.untuk pertanyaan ini anda jangan menjawab dengan muluk muluk misalnya ingin memperbaiki sistem birokrasi selama ini yang anda anggap masih kurang baik

b)  Mempelajari undang undan dan berita terbaru terkait lembaga pemerintahan,biasanya pewawancara menanyakan undang undang atau berita terbaru terkait lembaga pemerintahan,maka anda wajib untuk mempelajari undang undang atau berita terbaru tersebut agar bisa menjawab dengan benar

c) Memosisikan diri sebagai pemerintah,dalam wawancara ini anda diharapkan menjawab pertanyaan pertanyaan yang di ajukan dan anda menjawab dengan memosisikan sebagai pemerintah.dalam hal ini anda bisa belajar dari petinggi petinggi negara dalam menghadapi masalah masalah birokrasi

Semoga bermanfaat dan apa yang kita lakukan bermanfaat untuk kita semua,amin

Sumber referensi: John afifi/dicetak:laksana/2018/isbn:978-602-407-302-2

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.