PT.Panasonic Gobel

Jadiberkah.com | PT Panasonic Gobel, Melalui brand-nya yang dikenal secara umum dengan nama Panasonic, Panasonic Corporation yang berpusat di Osaka, Jepang ini, merupakan manufaktur kelas dunia di bidang produk elektronik, khususnya untuk kebutuhan konsumen awam dan bisnis.

Di Asia Pasifik, Panasonic muncul pertama kali dengan mendirikan pabrik pertamanya di Thailand pada tahun 1961. Beberapa tahun berikutnya, operasi Panasonic di kawasan ini pun berkembang. Saat ini operasinya ada di 6 area regional (80 negara termasuk Indonesia).

Di Indonesia sendiri, Panasonic Gobel Indonesia memiliki sejarah yang sangat panjang dan melekat di hati rakyat. Dimulai dengan kehadiran radio ‘tjawang’ oleh Almarhum Drs. H. Thayeb Moh. Gobel pada tahun 1954, TV pertama di tahun 1962, serta hadirnya brand National di tahun 1970. Panasonic Gobel Indonesia juga merupakan pelopor pendorong perusahaan-perusahaan lokal pemasok komponen. Hingga pada tahun 2004 nama National berubah menjadi Panasonic. Sampai saat ini Panasonic di Indonesia tetap merupakan brand elektronik  terkemuka yang menyediakan produk inovatif untuk home appliances (AC, Smart TV, Kulkas, Mesin Cuci, Perangkat Audio, Rice Cooker, Microwave, Air Purifier hingga beragam alat penataan rambut dan perawatan kulit) dikalangan B2C dan system solution di kalangan B2B yang berorientasi pada pasar lokal untuk menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia. 

Sejarah Panasonic Gobel Indonesia

1954

Dengan semangat nasionalisme untuk memproduksi alat komunikasi bagi bangsa Indonesia, pada tahun 1954 Drs. H Thayeb Moh. Gobel mendirikan PT Transistor Radio Manufacturing di Cawang, Jakarta yang merupakan pelopor dari Pabrik Radio Transistor pertama di Indonesia dengan brand “Tjawang”.

1957

Drs. H. Thayeb Moh. Gobel menerima beasiswa Colombo Plan dimana beliau melanjutkan studi ke Jepang dan bertemu dengan Mr. Konosuke Matsushita, pendiri dari Masushita Electric Indrustrial Co.Ltd.

1960

Penandatanganan perjanjian kerjasama Technical Cooperation Agreement antara PT Transistor Radio Manufacturing dan Matsushita Electric Industrial Co. Ltd, (Jepang).

1962

Berdasarkan perjanjian kerjasama, PT Transistor Radio Manufacturing memproduksi televisi tanpa warna pertama agar masyarakat Indonesia dapat menyaksikan Asian Games (Jakarta)

Produk pertama diberikan kepada Ibu Negara Indonesia, Ibu Fatmawati Soekarno.

1970

Peresmian PT Panasonic Manufacturing Indonesia (PT National Gobel)

1974

Peresmian PT Met Gobel, sebuah pabrik lokal yang menunjang   aktivitas perdagangan dan produk-produk impor dari Matsushita ke Indonesia yang tidak diproduksi oleh PT National Gobel. PT Met Gobel mengimpor baik produk elektronik kebutuhan konsumen maupun produk ekeltronik kebutuhan kerja, seperti  perangkat penyiaran dan peralatan modal untuk pabrik.

Peresmian Matsushita Gobel Education Foundation. Dengan misi untuk meningkatkan kecerdasan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

1981

Drs. H. Thayeb Moh. Gobel menerima penghargaan Kun Santo Zuikosho dari pemerintah Jepang atas usahanya dalam menjaga dan mengembangkan hubungan bilateral antara Jepang & Indonesia dalam bidang social budaya, komunikasi dan perdagangan.

1985

Menerima penghargaan “Upakati” dari pemerintah Indonesia atas usahanya mendukung SME.

1987

Peresmian PT. Panasonic Gobel Battery Industry (manganese, lithium, coin, torchlight).

Dekade ini ditujukkan untuk penguatan Matsushita Gobel Group. Beberapa pabrik dan perusahaan dagang diresmikan.

1991

PT. Panasonic Gobel Indonesia

PT. Panasonic Shikoku Electronics Indonesia

1992-1993

PT. Panasonic Electronic Device Indonesia

Dengan PT Matsushita Electric Works Gobel Manufacturing Indonesia

PT. Panasonic Electric Works Gobel Sales Indonesia

1995-1996

PT. Panasonic Electronic Device Batam

PT. Panasonic Semiconductor Indonesia

PT. Panasonic Lighting Indonesia

MEI diresmikan PT. Panasonic Shikoku Electronics Batam

Berkontribusi dalam mendukung kualitas dan profesionalisme pertelevisian Indonesia dengan menyelenggarakan Panasonic Gobel Awards

2000

Pembaharuan kerjasama antara Matsushita-Gobel (PT. National Gobel)

2003

Presiden MEI, Kunio Nakamura, memperoleh “Bintang Jasa Pratama”, penghargaan tertinggi dari pemerintah untuk perusahaan swasta Jepang atas usahanya mengembangkan industri Indonesia

2004

Merek tunggal, nama perusahaan berganti:

Panasonic Manufacturing Indonesia

Panasonic Gobel Indonesia

2010

Memperingati 50 tahun kerjasama Panasonic – Gobel

Head Office

Contact Center

Alamat
 

Jl. Dewi Sartika No.14 (Cawang II),
Jakarta 13630, Indonesia 


Jl. Dewi Sartika No.14 (Cawang II),
Jakarta 13630, Indonesia

Hubungi
 

Telp : (+62-21) 8015710
    (+62-21) 8090108
Fax : (+62-21) 8015715
    (+62-21) 80883504
Telp : 0804-111-1111
Email : [email protected]

Sumber Referensi: https://www.panasonic.com/id

Tinggalkan Balasan