Tips mengirim Lamaran Kerja Lewat Email

Jadiberkah.com | Jika dulu mengirim lamaran hanya diperbolehkan secara offline, namun karena dunia semakin mencanggihkan diri, sekarang perusahaan pun mulai membuka lamaran yang boleh dikirim lewat email. Tips Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email mungkin Anda butuhkan di tengah kehidupan modern ini.

Banyak keuntungan yang kita peroleh bila mengirim lamaran lewat email.
Seperti waktu lebih efisien, hemat kertas, dan kesempatan bisa dibaca oleh HRD pun lebih besar.

Berikut kami sajikan beberapa tips mengirim lamaran lewat email.

 

  • Jangan biarkan bagian subjek email kosong
    Hal utama yang harus Anda lakukan, jangan pernah membiarkan bagian subjek kosong. Biasanya dalam penulisan syarat-syarat pengiriman lamaran, disediakan bagian subjek harus diisi sesuai ketentuan mereka. Bila tidak ada ketentuan seperti itu, bukan berarti Anda membiarkan bagian subjek menjadi kosong.

Isilah dengan posisi yang ingin Anda lamar dan juga nama. Selain tampak lebih sopan, ini juga membantu HRD dalam menemukan calon pekerja dari banyaknya surat lamaran lain yang memenuhi surel mereka.

  • Isi badan email dengan data diri
    Memang benar, data diri kita sudah tercantum di lampiran yang kita kirim, lalu untuk apa menyertakan juga di badan email?

Sebelum HRD membaca lampiran kalian, nanti ada proses pengunduhan file terlebih dulu. Dalam waktu itu, HRD akan menunggu. Lebih baik kalau di badan email Anda kasih data diri singkat supaya waktu menunggu HRD tersebut tidak tebuang sia-sia.

Lain dari itu, menulis sesuatu di badan email dapat membuat email terhindar dari spam.

Tidak harus data diri sebenarnya, dengan sapaan hangat pun juga boleh. Yang penting sopan.

  • Memilih bahasa yang sopan
    Tips Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email selanjutnya adalah pemilihan tutur bahasa.

Sopan tidak harus formal. Teralalu formal malah membuat suasana menjadi kaku. Pakai bahasa ringan, namun tetap masuk akal ditujukan pada Bapak HRD yang tingkatnya berada di atas Anda.

  • Lengkapi data diri
    Berhubung kita melamar menggunakan email, jangan sungkan untuk melengkapi semua persyaratan. Toh kita tidak membuang kertas.

Adapun ukuran file juga harus diperhatikan. Kalau terlalu besar, lebih baik dikompress karena ukuran file yang besar dapat menyusahkan Bapak HRD dalam penyeleksian.

Setelah semuanya beres, tinggal kalian kirim dan tunggu panggilan interview datang.

Sekian dari artikel Tips Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email, semoga bermanfaat dan jangan lupa share bila artikel ini bermanfaat.

Terima kasih

Baca Lainya:  Lowongan Kerja Terbaru PT GS Battery Lulusan SMA SMK D3 S1

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.