Perhatikan 3 Urutan Berkas Lamaran Kerja Via Email Agar Lamaran Lolos

Jadiberkah.com – Sekarang ini zaman semakin  berkembang, banyak kemajuan di segala bidang, termasuk dalam melamar pekerjaan. Jika dahulu orang mengirim lamaran kerja dengan datang langsung ke alamat kantornya, atau mengirimnya lewat POS. Sekarang orang mengirimnya melalui email, jadi Anda akan dipanggil jika lamaran tersebut diterima. Nah, bagaimana urutan berkas lamaran kerja via email?

Di bawah akan dijelaskan bagaimana urutannya. Jadi meski secara online, tetap ada urutannya, jadi tidak asal kirim. Bagi Anda yang baru pertama kali mencoba mengirimnya, bisa menyimak urutannya berikut ini.

Urutan Berkas Lamaran Kerja Via Email

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kalau sekarang ini untuk mengirimkan surat lamaran kerja, Anda tidak lagi harus mengeluarkan banyak biaya dan tenaga. Bila sebelumnya Anda harus mencari pekerjaan dimana-mana, kini cukup memanfaatkan internet untuk mencari pekerjaan yang cocok dengan Anda.

Atau bila sebelumnya Anda harus menulis secara manual dengan tangan, atau dengan ketikan di komputer lalu mengirimkan melalui layanan pos. Kini cukup menggunakan email Anda sudah bisa mengirimkan surat lamaran kerja, beserta dengan lampiran lainnya.

Baca Lainya:  Tips Mengerjakan Contoh Tes Psikotes Wartegg Online

Urutan berkas lamaran kerja via email, diperlukan agar ketika mengirimnya tidak asal dan tidak dalam ukuran terlalu besar. Supaya pihak rekrut juga tidak mengunduh file yang terlalu besar nantinya. 

Adapun urutan yang bisa Anda ikuti, diantaranya adalah :

  • Mempersiapkan Semua Berkas Lamaran

Yang pertama adalah mempersiapkan berkas-berkas yang sebelumnya di scan terlebih dahulu. Buatlah CV atau curriculum vitae atau daftar riwayat hidup. Isinya yaitu biodata Anda, pengalaman kerja sebelumnya, pendidikan yang pernah ditempuh, nomor HP, email, alamat serta keahlian yang Anda punya.

  • Dokumen Berkas Lamaran Yang Di Scan

Semua yang ditulis di dalam CV tadi lalu dibuktikan dengan disertai bukti pendukung. Scan berkas tersebut dengan format PNG, atau bisa juga dengan JPEG. Berkas tersebut antara lain yaitu KTP, foto, ijazah terakhir, transkrip nilai, SKCK, surat keterangan sehat dan sertifikat pendukung. 

Terkadang ada yang menyertakan NPWP atau yang lain, tergantung persyaratan tambahan apa yang diinginkan oleh recruiter. Jika sudah di scan semua satukan semua berkas yang sudah di scan tersebut dengan mengconvert ke dalam PDF.

Compres terlebih dahulu file tersebut dengan ukuran yang tak lebih dari 500 KB. Jika sudah, baru digabungkan jadi satu ke Microsoft Word. Baru kemudian di convert lagi ke bentuk PDF. Cek dulu urutan dan kelengkapannya ya.

  • Kirim Melalui Email

Untuk surat lamaran kerja ini isinya yaitu posisi yang akan dilamar, informasi mendapat lowongan, serta daftar dokumen-dokumen yang dilampirkan. Tulis di bagian body email dan serta regards nama Anda.

Demikian ulasan tadi mengenai urutan berkas lamaran kerja via email. Untuk mengirimnya  masuk ke akun Gmail lalu klik compos. Isikan alamat email tujuan perusahaan pada kolom to atau kepada. Tulis posisi yang dilamar pada bagian subject email. Baru lamaran pekerjaan pada badan email. Jangan lupa melampirkan semua berkas pendukung, baru kirim dengan klik “Send”.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.