Contoh Soal Psikotes dan Kunci Jawaban Agar Sukses Melamar Kerja

Jadiberkah.com | Ada banyak sekali jenis tes kepribadian yang diujikan beberapa perusahaan kepada calon karyawannya. Sebagai pelamar kerja, ada baiknya Anda mengenal lebih dekat apa saja contoh soal psikotes agar saat dihadapkan dengan soal, kalian sudah memiliki persiapan.

Tujuan diadakannya tes seperti ini adalah, perusahaan ingin mencari seseorang yang sesuai dengan kandidat mereka. Mencari karyawan yang karakternya sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

Karena mengetahui karakter setiap orang itu sulit, maka diadakanlah tes psikotes seperti ini.

Supaya Anda lolos, atau setidaknya karakter kalian bisa terbaca dengan baik oleh perusahaan, simak beberapa contoh soal dan kunci jawaban berikut ini.

● Tes Koran
Bisa juga disebut tes pauli. Di sini Anda diharuskan menambahkan tiap dua angka (dari angka 1-9) dalam sebuah kolom. Dimulai dari kolom ujung kiri atas sampai kolom dengan ujung kanan di kertas yang ukurannya sebesar koran.

Kunci sukses agar lulus di dalam tes ini, Anda harus bisa menjumlahkan angka-angka tersebut dengan jumlah dari proses hasil yang sama.

● Tes Logika Aritmetika
Aritmetika sudah kita pelajari saat masih duduk di bangku sekolah. Setidaknya Anda akan lebih mudah paham dalam pengerjaan tes ini.

Kunci jawaban dari soal semacam ini, Anda tidak boleh terpaku pada angka depan. Lihatlah angka secara keseluruhan. Dan kerjakan saja soal paling mudah karena kita diberikan waktu saat pengerjaan soal ini. Jadi jangan mudah terpaku pada soal yang rumit.

 

● Tes EPPS
Contoh soal psikotes ini berhubungan dengan konsisten Anda dan kepribadian Anda. Jawablah dengan jujur, dan pilih sesuatu yang Anda sukai.

Karena di sini nantinya kalian akan diberikan 225 soal dengan dua pilihan dan Anda harus memilih salah satu dari dua pilihan itu secara tepat dan konsisten. Karena pertanyaan ini nantinya bisa diulang beberapa kali, kalian jangan pernah terkecoh.
Konsisten!

● Tes menggambar manusia
Bukan cuma meliputi tes hitung memghitung, soal psikotes juga bisa meliputi hal yang berhubungan dengan gambar menggambar.

Beberapa tips yang harus Anda lakukan saat menjalani tes tersebut, adalah: gambar manusia yang sesuai dengan jenis kelamin, gambarlah dengan lengkap seperti manusia sehat pada umumnya, jangan menggambar kartun, berilah jenis profesi dalam gambaran manusia Anda, berikan gaya pada objek gambar Anda (bisa duduk, berdiri. Sesuaikan pada kemampuan menggambar kalian).

Contoh soal psikotes di atas tidak bisa kami sebutkan ‘benar-benar sebuah contoh’. Hanya pengertian dan kunci sukses menjawabnya. Maafkan dengan kekurangan kami.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.